5 Tools Riset Hashtag Terbaik untuk Instagram dan Twitter

Riset Hashtag

Media sosial adalah salah satu lahan untuk mempromosikan sebuah produk. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga Youtube memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penggunaan hashtag untuk berjualan online sudah lazim dilakukan. Tapi, apakah hashtag tersebut sudah dipertimbangkan dengan matang? Apakah Anda sudah melakukan riset hashtag tersebut atau hanya sekedar insting?

Sebenarnya sah-sah saja jika penggunaan hashtag pada promosi produk di media sosial hanya berdasarkan insting atau tebak menebak. Tapi, alangkah baiknya lakukan riset hashtag terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Dengan melakukan riset, Anda akan dapat mengetahui mana hashtag yang tepat untuk produk Anda.

Mengapa riset hashtag sangat perlu? Alasannya adalah karena hashtag sama krusialnya keyword di mesin pencari. Jika ingin konten Anda ditemukan oleh pengguna, maka gunakanlah hashtag secara tepat.

Riset hashtag bisa dilakukan secara manual dengan mencari satu per satu hashtag potensial yang berkaitan dengan produk Anda. Tapi, ada cara yang lebih praktis dan efisien yakni menggunakan tools pihak ketiga. Selain bisa digunakan untuk riset, tools ini juga berfungsi untuk menganalisis performa hashtag yang telah digunakan. Di bawah ini akan disajikan 5 tools riset hashtag untuk Instagram dan Twitter yang paling direkomendasikan.

Artikel Terkait:

10 Tips Sukses Jualan di Instagram untuk Pemula

5 Tools Riset Hashtag Terbaik

Seperti yang saya sebutkan di atas, ada tools yang berfungsi untuk melakukan riset hashtag pada media sosial Instagram dan Twitter. Dengan menggunakan tools semacam ini, proses riset hashtag tidak memakan waktu lama. Sebaliknya, selain lebih cepat, tools ini juga akan memberikan sejumlah rekomendasi hashtag sesuai dengan keyword yang Anda tuju.

1. Hashtagify

Hashtagify

Hashtagify mengklaim bahwa mereka adalah tool terbaik dalam bidang riset hashtag di Twitter. Dengan menggunakan tool ini, pengguna dapat menemukan hashtag yang sedang trending dan/atau tag yang relevan dengan target audiens sebuah brand.

Salah satu fitur yang menjadi favorit dari tool ini adalah adanya informasi top ten hashtag berkaitan dengan keyword hashtag yang Anda tuju. Hashtagify juga memiliki fitur Hashtags Lab yang diupdate setiap hari sesuai dengan tren terbaru. Selain itu, Anda juga bisa memonitor trending topik sesuai dengan akun media sosial melalui lab ini.

Selain menjadi spesialis hashtag untuk Twitter, Hashtagify juga telah merilis fitur tracking untuk Instagram. Melalui fitur ini pengguna bisa mencari tahu jumlah engagement atau interaksi dari sebuah tag sehingga bisa mengetahui potensi dari tag tersebut.

2. Hootsuite

Hootsuite

Hootsuite cukup populer sebagai platform multi-purpose di bidang sosial media. Dengan menggunakan Hootsuite, Anda bisa menjadwalkan postingan di akun-akun sosial media, mulai Facebook, Twitter, hingga Instagram. Tidak hanya itu, tool ini juga bisa digunakan untuk melakukan riset hashtag. Caranya adalah dengan mendapatkannya dari detail laporan yang mereka sajikan. Dari laporan tersebut, Anda juga bisa melacak bagaimana performa hashtag yang telah digunakan dan dampaknya untuk konten Anda.

Menariknya, di Hootsuite ada fitur custom report yang akan membantu pengguna dalam mengevaluasi dan menganalisa akun sosial media mereka. Misalnya, untuk Twitter, pengguna bisa mengkustomisasi laporan dengan menambahkan modul kata kunci yang dapat melacak hashtag dan mention secara spesifik dalam kurun waktu tertentu.

3. Hashtracking
Hashtracking

Hashtracking adalah sebuah tool yang mengkombinasikan fitur manajemen sosial media dan tracking hashtag. Beberapa marketer bahkan menyebut bahwa tool yang satu ini memberi lebih dari apa yang diharapkan.

Tool ini bisa melakukan tracking hashtag secara intensif. Selain itu, Hashtracking juga membantu penggunanya untuk menampilkan nama berbeda dari sebuah tag agar pencarian semakin mudah. Pengguna dapat melacak beberapa kata kunci kemudian membuat mereka berkompetisi. Hashtracking kemudian akan memberikan analisa dari performa tag-tag tersebut, mana yang lebih optimal dan mana yang tidak.

4. Keyhole

Keyhole

Keyhole adalah tool yang digunakan untuk menelusuri performa hashtag secara real-time. Selain Twitter, tool ini juga kompatibel dengan Facebook dan Instagram. Analisa yang dilakukan juga cukup mendalam. Pengguna akan mendapatkan informasi seperti berapa banyak postingan yang muncul dan berinteraksi dengan tag tersebut, jumlah jangkauan, hingga impresi.

Salah satu fitur yang menarik dari Keyhole adalah pengguna akan diberi tips relevan untuk bisa meningkatkan performa tag dan konten mereka. Tips tersebut termasuk tag terkait, kata kunci, dan top domain yang menggunakan tag tersebut.

5. RiteTag

Riset Hashtag RiteTag

Ketika sudah melakukan riset hashtag secara manual, kita terkadang masih bingung akan menggunakan hashtag yang mana. Kita biasa dibingungkan mana frasa yang tepat atau apakah cukup hanya satu suku kata tag atau beberapa suku kata. RiteTag adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tool ini memiliki fitur untuk membantu penggunanya menentukan mana hashtag yang tepat untuk konten mereka. RiteTag juga akan memberikan alert terkait tag yang sedang trending saat itu. Anda bisa subscribe pada topik tertentu yang masih relevan dengan konten atau bisnis Anda sehingga pihak RiteTag akan menginformasikan kepada Anda jika ada pembaharuan.

Salah satu fitur yang menarik dari RiteTag adalah adanya fitur instant feedback. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membandingkan dua hashtag yang mirip. Kekuatan dua hashtag tersebut akan ditampilkan melalui beberapa indikator.

Penutup

Memaksimalkan peran hashtag dalam mempromosikan produk di media sosial adalah hal yang wajib. Oleh sebab itu, pemilihan hashtag tidak bisa dilakukan sembarang tanpa pertimbangan yang matang. Hadirnya beberapa tools riset di atas akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam menentukan mana hashtag yang tepat untuk bisnis Anda.

Semoga bermanfaat

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *