Strategi Jitu untuk Sukses Jualan di Shopee

jualan di Shopee

Siapa bilang berjualan di marketplace sulit? Jika Anda menerapkan strategi yang tepat, bukan tidak mungkin ratusan ribu produk bisa terjual dalam waktu singkat. Termasuk apabila Anda jualan di Shopee, salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Pada tahun 2019 lalu Shopee mencatatkan rata-rata 90 juta pengunjung per bulan.

Angka tersebut membuat mereka menduduki posisi kedua sebagai marketplace paling sering dikunjungi pada tahun 2019. Maka tidak mengherankan jika saat ini begitu banyak orang ingin membuka lapaknya di marketplace yang identik dengan warna orange tersebut.

Apabila Anda tertarik untuk berjualan di Shopee tapi tidak memiliki produk, jangan khawatir! Manfaatkanlah sistem dropship yang ditawarkan Shopee supaya bisa berdagang tanpa mengeluarkan modal.

Artikel Terkait:

Pengertian Bisnis Dropship dan Cara Kerjanya

Cara Dropship di Shopee

Tapi, jika Anda sudah memiliki produk dan toko di Shopee yang masih sepi pembeli, semoga strategi ini bisa bermanfaat.

Strategi Jitu Jualan di Shopee

Berjualan di marketplace artinya Anda akan bersaing dengan penjual lain yang menjual produk serupa. Oleh karena itu, susunlah strategi dengan baik sejak awal jualan di Shopee. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Pilih Kategori Produk

Shopee sebelumnya dikenal sebagai surganya wanita karena banyak ditemukan produk kebutuhan wanita, mulai dari fashion hingga makeup. Namun, seiring berkembangnya marketplace satu ini, banyak pedagang yang tidak ragu untuk memasarkan produk untuk pria, mulai dari sepatu, kemeja, jam tangan, dan sebagainya. Dengan kata lain, saat ini Shopee sangat welcome kepada semua gender, pria maupun wanita.

Nah, sebagai pedagang, tentukanlah kategori produk apa yang akan dijual. Apakah itu fashion? makeup? atau mungkin elektronik? Apapun kategori yang akan dipilih, pastikan bahwa toko Anda tidak menjual produk di luar kategori tersebut.

Misalnya, toko Anda adalah toko dengan kategori otomotif. Maka, jual lah produk-produk otomotif saja di dalam toko Anda. Jangan dicampur dengan kategori lain, misalnya makeup.

Kenapa? Karena produk makeup yang Anda jual kemungkinan akan cukup sulit terjual. Calon pembeli yang tertarik dengan produk makeup di toko Anda mungkin akan berpikir dua kali untuk mengklik tombol beli karena toko Anda dipenuhi dengan produk otomotif.

2. Manfaatkan Fitur Live Chat

Jualan di Shopee sebenarnya cukup praktis. Marketplace yang satu ini telah menyediakan berbagai fitur, baik untuk penjual maupun pembeli. Sebagai penjual Anda bisa memanfaatkan fitur live chat yang telah disediakan Shopee. Fitur ini akan memudahkan pembeli untuk menghubungi toko Anda.

Dengan demikian, Anda bisa menjawab dengan cepat apabila ada calon pembeli yang menanyakan stok, warna, varian, dan lain sebagainya. Selain itu, pastikan bahwa Anda membalas pesan-pesan dari calon pembeli secepat mungkin. Pasalnya, mayoritas dari mereka lebih menyukai toko yang cepat dalam membalas pesan.

3. Perbanyak Produk

Jumlah produk yang dijual pada toko Anda akan mempengaruhi tingkat penjualan. Semakin banyak produk yang dijual, maka semakin besar pula kemungkinan konsumen membanjiri toko Anda. Tapi, seperti pada poin pertama, pastikan bahwa produk yang dijual pada toko Anda masih satu kategori.

Pembeli cenderung menyukai berbelanja di toko yang punya banyak varian produk. Pasalnya, varian produk ini juga mempengaruhi kepercayaan calon pembeli kepada sebuah toko. Mereka akan menganggap bahwa toko Anda adalah ‘toko besar’ apabila ada banyak produk yang ditawarkan.

4. Manfaatkan Fitur Produk Pilihan Toko

Produk pilihan toko adalah fitur lain yang ditawarkan Shopee kepada para penjual. Fitur ini layaknya highlight dari produk-produk unggulan di sebuah toko. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka calon pembeli bisa menemukan produk unggulan toko Anda dengan mudah.

Berikut cara mengaktifkan fitur produk pilihan toko:

  • Log in ke Seller Center kemudian pilih Promosiku.
  • Pilih Produk Pilihan Toko
  • Klik Tambah Koleksi
  • Isi Nama Koleksi kemudian klik ikon ‘+’ untuk menambahkan produk.
  • Tambahkan 4-8 produk unggulan toko Anda kemudian klik Konfirmasi.
  • Jangan lupa untuk memeriksa ulang produk-produk tersebut sebelum klik Simpan.
  • Terakhir, pilih Aktifkan Sekarang.

Artikel Terkait:

Cara Membuat Toko di Shopee

5. Jualan di Shopee Dapat Fitur Gratis Ongkir

Orang yang berbelanja di marketplace lebih senang apabila mereka mendapatkan diskon. Diskon yang ditawarkan beragam, mulai dari tambahan diskon produk hingga gratis ongkos kirim (ongkir). Hebatnya, Shopee memberikan fitur gratis ongkir kepada para penjual di marketplace mereka. Dengan demikian, pembeli akan diuntungkan dan membuat mereka betah untuk berbelanja.

Fitur gratis ongkos kirim Shopee dapat diaktifkan pada toko Anda. Namun, tentu saja ada batasan minimal pembelian dari tiap transaksi. Berikut ini cara untuk mengaktivasi fitur gratis ongkir Shopee:

  • Pilih menu Gratis Ongkir Xtra pada halaman beranda apilikasi.
  • Klik pilihan Semua Gratis Ongkir dan klik Daftar Sekarang.
  • Ikuti petunjuk dan isi data diri yang diperlukan.
  • Centang kolom Syarat dan klik Kirimkan.

6. Jadilah Star Seller

Star Seller adalah predikat bagi para penjual terpercaya dan sudah memiliki kredibilitas bagus ketika jualan di Shopee. Predikat atau label Star Seller ini akan memberikan dampak signifikan untuk penjualan toko Anda. Sebab, pembeli yang akan membeli produk akan lebih percaya dan yakin dengan kualitas produk yang dijual di toko Anda.

Menjadi Star Seller membutuhkan kerja keras, apalagi bagi pemula. Namun, hal itu bukanlah hal yang mustahil. Berikut syarat-syarat menjadi Star Seller Shopee:

  • Data diri lengkap dan telah melakukan verifikasi KTP.
  • Persentase chat dibalas pada toko Anda 100%. Artinya, setiap pesan di Live Chat Shopee harus dibalas.
  • Toko Anda punya rating minimal 4,5 bintang.
  • Mencapai 100 penjualan dalam kurun waktu sebulan.
  • Ada 25 pembeli berbeda dalam kurun waktu sebulan.
  • Tidak memiliki poin penalti dan/atau kejanggalan pada aktivitas akun Shopee Anda.

Artikel Terkait:

Cara Cepat Menjadi Star Seller Shopee

7. Perbanyak Followers

Ketika jualan di Shopee, Anda bisa memanfaatkan fitur followers yang telah disediakan. Promosikan toko Anda ke sosial media supaya lebih populer dan mendapat banyak followers/pengikut. Nantinya, para followers ini akan mendapatkan notifikasi ketika toko Anda memposting produk baru.

Artikel Terkait:

Panduan Jualan Online untuk Pemula

8. Ikuti Program Khusus Jualan di Shopee

Salah satu program khusus yang disediakan Shopee adalah Flash Sale. Setiap penjual bisa mengikuti program ini dengan beberapa syarat, di antaranya:

  • Menjual produk yang termasuk hot list.
  • Harga produk lebih murah dari toko lain yang menjual produk serupa (kompetitor).
  • Foto yang digunakan berkualitas.
  • Performa toko di atas rata-rata.

Penutup

Jualan di Shopee memang membutuhkan kerja keras, seperti layaknya berjualan secara offline. Pasalnya, ada banyak kompetitor di sana yang menjual produk serupa. Kendati demikian, bukan tidak mungkin bahwa Anda adalah orang yang mampu memenangi persaingan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *