6 Situs Lowongan Kerja Resmi di Indonesia

situs lowongan kerja

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan akibat terkena PHK. Tapi jangan khawatir karena ternyata masih banyak perusahaan di Indonesia yang membutuhkan tenaga kerja. Bagi Anda yang kini sedang mencoba untuk mencari pekerjaan baru atau bahkan freshgraduate yang ingin terjun ke pekerjaan pertamanya, cobalah untuk mencarinya secara online melalui situs lowongan kerja.

Cara ini lebih efisien karena Anda bisa mengakses informasi tersebut melalui ponsel atau laptop di rumah. Selain itu, melalui situs lowongan kerja Anda juga melihat kumpulan lowongan pekerjaan dalam satu tempat/situs.

Kendati demikian, ternyata tidak sedikit situs lowongan kerja ‘bodong’ alias palsu. Oleh sebab itu, penting untuk mengecek kredibilitas situs-situs yang akan Anda kunjungi untuk mencari pekerjaan. Ada cukup banyak situs abal-abal yang menyajikan informasi seperti ini namun tidak valid.

Pada artikel ini, kami telah merangkum 6 situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia. Selain banyak diakses, situs-situs ini merupakan situs resmi dan banyak perusahaan memposting lowongan mereka melalui situs ini.

Artikel Terkait:

7 Profesi Freelance Paling Laku di Pasaran

1. JobStreet (Situs Lowongan Kerja Populer)

jobstreet

JobStreet.com merupakan situs asal Malaysia. Mereka menjadi fasilitator antara pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan asal Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Vietnam. Situs ini didirikan pada tahun 1997 dan mengklaim telah memiliki sekitar 80 ribu perusahaan yang tergabung ke dalam jaringan mereka. Selain itu, ada 11 juta pencari kerja yang terdaftar di sistem mereka.

Para pencari kerja diharuskan membuat akun dan melengkapi identitas diri di dalam situs JobStreet. Hal ini ditujukan untuk menarik perhatian dari perusahaan-perusahaan yang tengah membutuhkan pekerja.

Jika beruntung, pelamar akan dihubungi secara langsung oleh pihak perusahaan melalui email atau telepon yang sudah dicantumkan di profil pelamar. Di sinilah salah satu keuntungan menggunakan situs loker JobStreet.com.

Selain itu, apabila lamaran Anda dilihat oleh perusahaan yang dilamar, Anda akan mendapatkan pemberitahuan. Hal ini juga berlaku apabila ada panggilan wawancara dari perusahaan.

2. LinkedIn

Mungkin sudah banyak orang yang mengenal LinkedIn. Ya, ini merupakan sebuah jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih dari 690 juta pengguna dari 200 negara. Sejak tahun 2016 lalu, LinkedIn secara resmi diakuisisi oleh Microsoft.

LinkedIn hampir mirip seperti media sosial pada umumnya namun dengan tampilan yang lebih profesional. Para pengguna dapat melampirkan informasi seperti pengalaman kerja, lulusan apa dan di mana, kemudian keahlian di profil pengguna masing-masing. Hal ini memudahkan perekrut untuk memantau track record si pelamar.

Selain itu, ada fitur rekomendasi yang bisa diisi oleh kolega maupun orang lain mengenai keahlian pelamar. Fitur ini layaknya feedback atau review dari orang-orang terkait kemampuan Anda. Apabila ada orang yang merekomendasikan Anda, ini bisa menjadi nilai tambah untuk menarik perhatian perekrut.

Situs lowongan kerja yang satu ini memang dilengkapi dengan cukup banyak fitur. Anda juga dapat mengubah status ketersediaan, terbuka untuk pekerjaan baru atau tidak. Kelebihan lainnya adalah pelamar kerja dapat memantau pekerjaan yang dilamar olehnya melalui LinkedIn.

3. Karir

Apabila Anda hanya tertarik dengan situs lowongan kerja Indonesia, Karir.com adalah jawabannya. Situs ini dikembangkan oleh anak bangsa. Didirikan oleh PT Karir Komunika Pratama yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Fitur-fitur yang ditawarkan situs ini pun tidak kalah dengan situs-situs luar negeri.

Di laman utama mereka, Karir.com menyajikan lowongan pekerjaan terpopuler versi mereka. Selain itu, ada pula fitur yang menselaraskan lowongan kerja dengan profil pengguna. Artinya, pencari kerja akan mendapatkan lowongan pekerjaan sesuai dengan resume masing-masing.

Fitur-fitur tersebut bisa Anda nikmati secara gratis. Bahkan, ada fitur pengembangan karir oleh ahli psikologi. Selain itu, ada pula informasi mengenai program khusus dan manajemen trainee perusahaan nasional maupun multinasional.

Di situs lowongan kerja satu ini, Anda dapat melakukan filter untuk lokasi perusahaan yang diminta. Beberapa kategori perusahaan yang tersedia antara lain perdagangan umum, konstruksi, asuransi, otomotif, e-commerce, telekomunikasi, dan lainnya.

4. Glints

Situs lowongan kerja yang satu ini berasal dari Singapura dan menjadi rekomendasi bagi para freshgraduate. Meski demikian, situs ini tidak terbatas untuk orang-orang yang baru lulus saja, tetap ada peluang bagi para pelamar lain.

Tampilan situs mereka bisa dibilang sangat milenial. Selain lowongan pekerjaan, Glints juga menyediakan lowongan magang, terutama di perusahaan luar negeri. Para pengguna dapat memanfaatkan fitur konsultas dan rekomendasi pengembangan karir melalui live chat. Ada pula fitur expert class untuk mengasah keahlian Anda.

Bagi pelamar yang masih meragukan kemampuannya, tersedia pula pelatihan yang diinisiasi oleh Glints. Selain itu, situs mereka menyediakan empat kategori pekerjaan, yakni remote, freelance, part-time, dan full-time.

5. UrbanHire

Satu lagi situs lowongan kerja karya anak bangsa, UrbanHire. Startup asal Jakarta ini menargetkan pasar internasional, terutama Asia Tenggara. Hal ini bisa dilihat dari situs mereka yang menggunakan bahasa Inggris.

Di situs UrbanHire ada sebuah sistem pelacakan aplikasi para pelamar kerja atau applicant tracking system (ATS). Semua itu berbasis komputasi awan (cloud computing). Fungsinya adalah untuk menjelajahi sampai mana aplikasi pelamar di perusahaan tertentu.

Platform UrbanHire juga menyediakan fitur berbalas email antara perusahaan dengan pelamar. Biasanya, fitur ini akan digunakan untuk menentukan jadwal wawancara. UrbanHire tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan terbaru di sekitaran Asia Tenggara. Mereka juga menyediakan tips dan informasi terkait pengembangan karir yang diinisiasi oleh mereka sendiri.

6. Kalibrr

Kalibrr sebenarnya sudah cukup sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia, seperi Shopee, GoJek, dan Tokopedia. Setidaknya ada sekitar 500 perusahaan di dalam jaringan mereka dan 4.000 lebih lowongan pekerjaan tersedia.

Situs lowongan kerja ini berbasis di Filipina dan memiliki beberapa keunggulan fitur. Selain menyediakan lowongan pekerjaan, Kalibrr menyediakan fitur branding bagi pelamar dan tes pengembangan bakat. Apabila berhasil mendapatkan skor tinggi di dalam tes tersebut, besar kemungkinan banyak perusahaan yang tertarik untuk merekrut Anda.

Artikel Terkait:

4 Situs Freelance Terpercaya untuk Desainer Grafis

Penutup

Itulah enam situs lowongan kerja resmi dan terpercaya yang selama ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Lowongan pekerjaan yang diposting di situs-situs tersebut hampir dapat dipastikan semuanya valid. Jadi, jangan ragu untuk melamar pekerjaan melalui situs-situs di atas.

Guna mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan, pastikan bahwa Anda telah membuat daftar riwayat hidup atau Curiculum Vitae (CV). Buatlah semenarik mungkin, baik dari segi konten dan desain agar menarik perhatian perusahaan. Selain itu, penting bagi para pencari kerja untuk selalu membaca syarat dan ketentuan serta kriteria apa saja yang dibutuhkan di tiap lowongan pekerjaan.

Kendati situs lowongan kerja di atas sangat direkomendasikan, tetaplah waspada dengan aksi penipuan dengan kedok lowongan pekerjaan. Jangan mudah tergiur dengan pekerjaan ‘mudah’ tapi bergaji tinggi.

Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *