Profesi Kerja Online dengan Potensi Penghasilan Tinggi

Mendaftar sebagai pekerja online kini sedang menjadi tren di tengah masyarakat. Seorang yang bekerja secara online juga disebut sebagai remote worker karena ia tak perlu pergi ke kantor untuk menyelesaikan tugasnya. Di Indonesia, bekerja secara online masih kalah pamor dengan menjadi karyawan perusahaan atau ASN. Tapi, memasuki tahun 2020 ini, minat masyarakat untuk mendaftar kerja online semakin tinggi. Apalagi bagi para fresh graduate yang masih bingung mau melamar pekerjaan kemana.

Berikut ini adalah daftar isi dari artikel yang akan mengulas lebih dalam mengenai kerja online.

Pengertian Kerja Online

Kerja online adalah bekerja dengan menggunakan media koneksi internet sebagai jaringan penghubungan antara pekerja dengan klien. Bekerja secara online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bekerja offline, perbedaannya hanya pada ruang dan waktu. Selain itu, pada pekerjaan offline sangat erat kaitannya dengan latar belakang pendidikan kita. Di dunia online, terkadang semua itu tidak dibutuhkan. Para klien di dunia maya banyak yang tidak terlalu mempermasalahkan dari mana dan siapa Anda. Mereka hanya membutuhkan keahlian dan profesionalitas Anda.

Jadi, bagi Anda yang memang belum mampu menamatkan pendidikan tingkat tinggi, bekerja secara online adalah salah satu solusi terbaik. Apalagi jika memiliki keahlian khusus yang membedakan Anda dengan orang-orang lain. Misal, keahlian di bidang desain grafis, programming, penerjemah, dan sebagainya. Ingat, bahwa keahlian-keahlian itu tidak harus didapatkan dengan mengenyam pendidikan formal. Anda bisa dapatkan dan pelajari semua itu secara otodidak. Modal yang diperlukan adalah kemauan dan koneksi internet.

Kelebihan Kerja Online

Bekerja secara online memiliki sejumlah kelebihan yang mungkin tidak bisa ditemukan ketika Anda bekerja secara offline. Ada dua tipe pekerja online yang saat ini eksis, yakni mereka yang bekerja untuk sebuah perusahaan dan para freelancer atau tanpa ikatan dengan perusahaan manapun. Nah, berikut ini beberapa kelebihan dari kerja secara online:

1. Fleksibilitas Waktu

Salah satu yang paling disukai dari para pekerja online dari pekerjaan mereka adalah kebebasan waktu. Yap! Waktu bekerja mereka sangatlah fleksibel dan Anda bisa menentukan kapan akan mulai bekerja. Tapi, beda dengan para pekerja online yang sudah terikat dengan perusahaan. Biasanya mereka memiliki jam kerja masing-masing yang telah ditentukan. Kendati demikian, tidak sedikit pula perusahaan yang membebaskan pekerja online mereka untuk bekerja kapanpun, asalkan pekerjaan selesai tepat waktu.

Sebagai contoh, ketika Anda mendapatkan tugas untuk membuat desain logo perusahaan dan ada telah diberikan deadline selama dua hari. Anda sudah analisa pekerjaan tersebut dan yakin itu bisa dikerjakan hanya dalam beberapa jam. Maka pekerjaan itu bisa Anda tunda, mungkin beberapa jam setelah tugas diberikan, atau bahkan keesokan harinya. Inilah yang disebut dengan fleksibilitas waktu kerja para pekerja online.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan hal-hal lain yang sekiranya lebih penting. Misalnya, mengasuh anak, membereskan rumah, atau mungkin berbelanja untuk penuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Fleksibilitas Tempat

Selain fleksibilitas waktu, pekerja online juga tidak dituntut untuk pergi ke kantor. Mereka bisa bekerja dari rumah karena pada dasarnya para klien membutuhkan hasil, bukan proses. Anda bisa bekerja darimanapun, termasuk kafe, apartemen, atau bahkan tempat rekreasi selama masih bisa mengakses internet.

Akses internet bagi para pekerja online adalah nomor satu. Kenapa? Karena hanya dengan akses internet mereka bisa berhubungan dengan para klien.

3. Potensi Penghasilan

Dari dua kelebihan yang telah disebutkan di atas, mungkin bagian ini yang paling Anda tunggu. Yap! Tidak ada ukuran potensi penghasilan dari para pekerja online. Hal itu dikarenakan masing-masing pekerja bergelut dengan bidang yang berbeda-beda. Misalnya, mereka yang menggeluti jasa membangun website akan memiliki penghasilan yang berbeda dengan jasa penerjemah.

Tapi, hal yang perlu diperhatikan di sini adalah setiap pekerja online memiliki potensi untuk mendapat penghasilan besar dari Internet. Beberapa faktor yang mendukung hal itu, antara lain:

  • Variasi pekerjaan dan klien, setiap pekerjaan dan klien yang didapat besar kemungkinan akan memberikan bayaran berbeda. Ini berlaku bagi para freelancer yang bebas untuk mencari pekerjaan dari klien-klien baru.
  • Keahlian yang terus meningkat, setiap proyek yang diselesaikan akan secara tidak langsung mengasah keahlian Anda. Semakin tinggi keahlianmu, maka semakin tinggi pula pendapatanmu.
  • Feedback dari klien, setiap proyek yang telah selesai akan mendapatkan feedback dari para klien. Hal ini akan mampu mendongkrak nilai pasar Anda. Selain itu, jumlah proyek yang telah diselesaikan juga menjadi acuan para klien yang akan menggunakan jasa Anda.

Kekurangan Bekerja secara Online

Sampai di sini, saya anggap bahwa Anda cukup tertarik untuk menjadi seorang pekerja online. Tapi, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya membaca beberapa kekurangan bekerja secara online yang telah saya rangkum di bawah ini:

1. Kebosanan

Tantangan terbesar bagi seorang pekerja online adalah kebosanan. Bagaimana tidak? Anda akan bekerja sendiri tanpa adanya rekan kerja seperti bekerja di kantor. Kendati demikian, suasana seperti itu biasanya justru sangat disukai oleh para single fighter. Anda bisa atasi kebosanan itu dengan mendengarkan musik atau sesekali keluar dari ruangan untuk menghirup udara segar.

Sebagai saran, jangan terlalu duduk terlalu lama di depan layar komputer. Sempatkan setidaknya satu jam sekali untuk bangkit dari tempat duduk. Selain untuk mengurangi rasa bosan, cara ini akan membuat kesehatanmu lebih terjaga. Lakukanlah aktivitas fisik meski tidak terlalu menguras tenaga.

2. Tidak Ada Pengingat

Jika bekerja secara offline, biasanya ada atasan yang akan terus mengingatkan Anda ketika sedang mengerjakan tugas, entah terkait deadline atau prosedur ini dan itu. Tapi, hal itu mungkin tidak akan Anda temui ketika bekerja secara online. Self Reminder atau mengingatkan diri sendiri adalah hal yang harus dilakukan. Anda harus memposisikan diri sebagai atasan dan karyawan sekaligus.

Ini adalah salah satu poin penting bagi seorang pekerja online. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, para klien akan menyukai tipikal pekerja yang ontime dengan hasil kerja sesuai yang diharapkan. Jadi, jika Anda ingin menjadi seorang pekerja online yang sukses, pastikan bahwa profesionalitas adalah prioritas.

3. Potensi Tanpa Penghasilan

Jika pada bagian kelebihan telah dibahas potensi penghasilan yang bisa didapat pekerja online, pada bagian ini juga akan dibahas potensi tanpa penghasilan. Yap! Kita tidak hanya memikirkan nilai plusnya saja, tapi pikirkan juga nilai minusnya.

Sebagai pekerja online, hampir dipastikan hanya akan beradu keahlian di sana. Para klien tidak akan melirik jasamu jika apa yang Anda tawarkan ‘biasa-biasa saja’. Hal tersebut akan berdampak pada penghasilan yang diperoleh apalagi bagi para freelancer.

4. One-Time-Job

Ingat, bahwa sebagai freelancer khususnya, tidak ada ikatan kontrak permanen dengan para klien. Kecuali, sebelumnya memang sudah ada perjanjian, syukur-syukur ada tanda tangan kontrak. Tapi sebagian besar adalah pekerjaan one-time-job. Artinya, pekerjaan itu hanya sekali itu saja. Misal, Anda diminta untuk membuat logo, maka setelah logo selesai dan disetujui, selesailah pekerjaan itu. Belum tentu Anda akan menerima pekerjaan dari klien itu lagi.

Profesi Kerja Online Terpopuler

1. Blogger

Kerja Online Blogger
Ilustrasi Blogger

Blogger adalah istilah yang digunakan bagi mereka yang menekuni dunia blogging. Menjadi seorang blogger memang sudah terbukti dapat menghasilkan pundi-pundi uang tanpa harus keluar dari rumah. Tentu saja semuanya harus ditunjang dengan kerja ekstra keras. Pasalnya, persaingan di dunia blogging saat ini sudah semakin ketat.

Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang sukses dengan bekerja sebagai blogger. Beberapa blog Indonesia yang terbilang cukup sukses, di antaranya Maxmanroe, Vatih, Panduanim, Mas Sugeng, dan sebagainya. Mereka berhasil mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah dengan cara membagikan informasi melalui blog-blog mereka. Tentunya, blog yang mereka miliki menarget pembaca yang berasal dari Indonesia.

Sementara itu, blogger kelas dunia bisa mendapatkan lebih dari itu. Tentu saja mereka membagikan tulisannya dengan menggunakan bahasa Inggris sehingga audience yang mereka raih pun berasal dari seluruh dunia. Jika Anda cukup mahir menggunakan bahasa Inggris, sangat disarankan untuk menjadi English Blogger. Salah satu blogger dunia yang mampu meraih sukses di dunia blogging adalah Randa. Ia adalah pemilik dan penulis di The Bewitchin’ Kitchen dengan penghasilan mencapai US$ 6312 per bulan. Kemudian, ada nama Diana melalui blognya yang bernama Hot Beauty Health yang sudah memiliki pendapatan US$ 9655 per bulan.

Lantas, darimana penghasilan para blogger itu? Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh mereka yang masih awam dalam menggunakan internet. Sebenarnya, banyak sumber penghasilan yang bisa diraih ketika menjadi seorang blogger. Kebanyakan dari mereka memanfaatkan layanan iklan milik Google bernama Google Adsense. Selain itu, terdapat pula beberapa program lain seperti program afiliasi, paid promote, hingga berjualan jasa atau produk.

Bagaimana Memulai Menjadi Blogger?

Setelah mengetahui potensi penghasilan yang dijelaskan di atas, pasti Anda memiliki keinginan untuk menjadi seorang blogger. Nah, untuk menjadi seorang blogger bukanlah hal yang mudah. Kendati demikian, pekerjaan ini bisa menjadi opsi yang tepat untuk Anda yang ingin bekerja secara online. Tentunya, Anda harus memahami dulu pemahaman dasar dunia blogging, mulai dari membuat blog sampai bisa meraup penghasilan dari blog tersebut. Ada beberapa poin penting dalam tahap menjadi blogger profesional.

Pertama, Anda harus menentukan topik utama apa yang akan dimuat di dalam blog tersebut. Pemilihan topik ini sangat penting karena akan berpengaruh pada target pembaca. Usahakan untuk memilih topik yang jelas, banyak yang mencari, dan mungkin bisa disesuaikan dengan hobi atau bakat yang dimiliki.

Langkah selanjutnya adalah membuat blog dan juga artikel yang nantinya akan dipublikasi di dalam blog. Banyak tutorial yang bisa dipelajari tentang bagaimana cara membuat blog dan artikel yang baik. Harap diingat bahwa artikel adalah salah satu unsur terpenting di dalam blog tersebut. Karena melalui artikel-artikel inilah nantinya orang-orang akan mengunjungi blog Anda. Semakin banyak pengunjung maka potensi penghasilan pun semakin besar.

Artikel Terkait:

Panduan Cepat Menjadi Blogger Pemula

7 Topik Blog Paling Dicari di Internet

Sumber Penghasilan Blogger

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, ada beberapa sumber penghasilan yang bisa digunakan oleh para blogger. Setiap sumber ini memiliki mekanisme yang berbeda-beda. Misalnya, Google Adsense, layanan periklanan dari Google. Pada layanan ini Anda diwajibkan untuk menempatkan iklan-iklan dari Google pada blog yang dimiliki. Nantinya, ketika pengunjung mengklik iklan tersebut, Anda akan mendapatkan penghasilan.

Selain itu, ada media lain seperti program afiliasi. Affiliate Program dapat diartikan sebagai program yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk. Jadi, fungsi Anda sebagai blogger adalah memasarkan produk orang lain melalui link-link khusus yang diberikan oleh pihak afiliasi. Ketika orang membeli produk tersebut melalui link Anda, maka komisi dari penjualan akan mengalir ke rekening Anda. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan membuat konten berbayar. Artinya, Anda akan mendapatkan bayaran ketika diminta menuliskan artikel tentang produk atau jasa orang tersebut.

Artikel Terkait:

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog untuk Pemula

2. Desainer Grafis

Desainer Grafis
Ilustrasi Desainer Grafis

Desainer grafis atau graphic designer adalah salah satu bidang pekerjaan online yang cukup favorit. Namun, untuk menggeluti pekerjaan ini diperlukan memiliki keahlian khusus dalam bidang desain digital. Beberapa software yang perlu dikuasai, antara lain Photoshop, Corel Draw, dan Adobe Ilustrator. Seperti yang sudah saya singgung di awal, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak melalui internet.

Ketika ingin serius menjadi desainer grafis profesional, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan penting ini. Pertama, laptop atau PC dengan spesifikasi medium. Pasalnya, software desain yang biasa digunakan membutuhkan spesifikasi cukup tinggi supaya berjalan dengan baik. Alat yang kedua adalah drawing pad. Dengan alat ini Anda bisa merancang desain layaknya menggambar di atas kertas. Kemudian buku gambar untuk menuangkan ide dan terakhir scanner yang berfungsi untuk men-scan desain yang dibuat di atas kertas.

Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang sukses menjadi seorang desain grafis. Kebanyakan dari mereka mengerjakan proyek-proyek tersebut secara remote atau jarak jauh. Beberapa orang yang bisa menjadi motivasi Anda antara lain Rio Purba, Erwin Wirapratama, Aryo Pamungkas, dan sebagainya. Mayoritas dari mereka kerap menerima pekerjaan dari perusahaan luar negeri sehingga bisa dibayangkan besaran penghasilan mereka ketika dibayar dengan Dollar.

Artikel Terkait:

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Kerja Freelance

Langkah Memulai Menjadi Desainer Grafis Online

Sebelum memulai pekerjaan sebagai desainer grafis, Anda harus menentukan apakah akan bekerja untuk satu perusahaan saja atau sebagai freelancer. Apabila memilih untuk bekerja kepada satu perusahaan, maka Anda punya tanggung jawab lebih besar. Namun, saat ini banyak perusahaan yang justru mempercayakan pekerjaan kepada freelancer. Jadi, nantinya pekerjaan ini hanya bersifat one-time-job seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Ketika memilih bekerja freelance, Anda bisa bekerja secara lebih fleksibel. Dalam artian, bisa bekerja untuk perusahaan A dan B sekaligus. Sehingga potensi penghasilan yang bisa diperoleh bisa lebih besar. Tapi, apabila ingin bekerja untuk dua atau lebih perusahaan sekaligus, profesionalitas harus tetap dijaga. Selain itu, manajemen waktu juga sangat diperlukan agar tetap dipercaya oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

Artikel Terkait:

Tips Jitu Menjadi Freelancer Banyak Job

Darimana Mendapatkan Pekerjaan Desain Grafis?

Salah satu tantangan dalam menjalani pekerjaan online adalah bagaimana mendapatkan pekerjaan dari klien. Nah, di era teknologi seperti sekarang, sebenarnya tidak perlu bingung. Ada banyak marketplace yang menjadi perantara antara klien dengan para freelancer. Beberapa situs yang bisa dimanfaatkan adalah Fiverr, Upwork, PayPerHour, 99Designs, dan sebagainya. Apabila lebih menginginkan pekerjaan dari orang Indonesia, silahkan kunjungi Sribulencer, Projects.co.id, atau Fastwork. Rata-rata untuk satu desain sederhana akan dihargai US$ 5-25. Tapi, nominal tersebut tentu memperhatikan kompleksitas dari pekerjaan itu. Apabila kompleks dan cukup sulit, Anda bisa mendapatkan US$100 – $150 hanya dari satu desain saja.

Dari situs-situs tersebut, banyak klien yang menawarkan pekerjaan kepada desainer grafis. Pada umumnya, Anda akan dibayar per proyek. Namun tidak menutup kemungkinan Anda akan dikontrak dengan durasi cukup panjang, tentunya dengan tetap bekerja di rumah. Sehingga nantinya pengasilan yang didapat bisa lebih jelas.

Artikel Terkait:

4 Situs Freelance Terpercaya

3. Yotuber

Menjadi Blogger Pemula
Logo Youtube

Pekerjaan membuat konten video ini bisa dilakukan hanya dari rumah. Banyak orang kini menekuni pekerjaan ini, bahkan tidak sedikit dari mereka meningalkan pekerjaan utama. Saat ini masih terbuka lebar bagi Anda yang ingin menjadi seorang Youtuber. Pekerjaan yang terlihat sangat mudah ini, bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah secara online.

Diperlukan kepercayaan diri saat di depan kamera. Sehingga bisa berbicara dengan jelas, agar para penonton mudah memahami apa yang sedang diucapkan. Jika tidak yakin dengan kepercayaan diri Anda, coba untuk membuat video tanpa mempelihatkan wajah. Sebagai contoh seperti Calon Sarjana, Kok Bisa atau bisa juga dengan menunjukan kemampuan Anda dalam bentuk tutorial seperti desain grafis ataupun membuat kerajinan tangan.

Peluang Pekerjaan Youtuber

Anda bisa memulai membuat video sesuai dengan hobi. Video-video memasak, membuat kerajinan, ataupun vlog juga banyak disukai penonton. Seorang Youtuber yang sudah sukses, memiliki penghasilan yang cukup fantastis. Menurut data dari Social Blade, Atta Halilintar sebagai Youtuber dengan subscriber terbanyak di Indonesia memiliki penghasilan US$29.4K – US$470.4K perbulannya.

Ini bisa menjadi gambaran, hanya dengan bekerja di rumah untuk membuat video bisa menghasilkan banyak uang. Anda juga bisa untuk memiliki penghasilan dari Youtube, asal mengetahui caranya.

Peralatan Untuk Menjadi Youtuber

Peralatan yang dibutuhkan jika ingin menjadi Youtuber, perlu disesuaikan dengan jenis video yang akan dibuat. Kualitas peralatan yang digunakan akan berpengaruh terhadap hasil video nantinya. Untuk itu, gunakan peralatan terbaik yang Anda miliki. Berikut adalah peralatan yang dibutuhkan untuk menjadi Youtuber pada umumnya.

  1. Kamera
  2. Laptop
  3. Software Editing Video
  4. Tripod
  5. Stabilizer Kamera
  6. Pencahayaan

Untuk Anda yang sudah memiliki beberapa peralatan di atas, sudah layak untuk menjadi Youtuber. Tapi sebenarnya, hanya dengan bermodal smartphone saja sudah cukup. Karena Anda sudah bisa merekam video bahkan mengeditnya langsung pada smartphone yang dimiliki. Banyak aplikasi editing video yang bisa diunduh melalui Play Store.

Artikel Terkait:

Cara Menjadi Youtuber Pemula Hanya Modal HP

Sumber Penghasilan Youtuber

Secara umum, ketika Anda sudah menjadi Youtuber, sumber utama penghasilannya berasal dari Google Adsense. Saat video sudah memiliki iklan, diwaktu yang sama Anda sudah mulai untuk menghasilkan uang. Selain itu juga bisa menambah penghasilan lain dengan cara paid promote.

Paid promote ini biasanya akan didapatkan oleh Youtuber dengan jumlah subscriber yang sudah banyak. Akan ada perusahaan atau pemilik sebuah produk yang menawarkan kerjasama ini. Jadi tugas Anda hanya mereview produk dari pemilik produk tersebut di dalam bentuk video, setelah itu Anda akan mendapatkan bayaran.

4. Bisnis Dropship

kerja online bisnis dropship
Alur Dropship

Pekerjaan online yang satu ini cocok untuk orang yang suka jualan. Anda bisa menjalankan pekerjaan ini tanpa modal sepeserpun. Dropship merupakan sistem penjualan di mana Anda tidak perlu melakukan stok barang. Hanya dengan memasarkan produk orang lain, dengan menaikan harga. Selisih harga itulah yang menjadi keuntungan. Dropship bisa dijadikan kerja online sampingan yang tetap menguntungkan.

Sistem penjualan ini dinilai minim resiko kerugian. Karena Anda memang tidak membutuhkan modal untuk membeli barang terlebih dahulu. Berbeda halnya dengan reseller, dimana harus membeli sejumlah barang (grosir) terlebih dahulu kepada supplier. Baru kemudian bisa menjualnya ke konsumen dengan harga yang lebih mahal.

Artikel Terkait:

Pengertian Bisnis Dropship, Cara Kerja dan Kelebihannya

Alur Penjualan Dropship

Jika ingin menjadi dropshiper, ketahui dahulu bagaimana alur penjualannya. Sebelumnya, Anda juga harus bekerjasama supplier untuk memastikan mereka menerima dropship. Alur penjualannya begini, ketika ada pembeli memesan barang, selanjutnya Anda melakukan pemesanan barang kepada supplier dengan menggunakan alamat dari pembeli tadi. Setelah itu, supplier akan langsung mengirimkan barang ke alamat pembeli.  Untuk lebih jelasnya bisa lihat contoh kasus di bawah ini.

Anda menjual produk sabun wajah melalui media sosial dengan harga Rp. 200 ribu. Sementara dari supplier harganya hanya Rp. 150 ribu. Kemudian ada pembeli yang memesan barang ke Anda, dan melakukan pembayaran sebesar Rp. 200 ribu. Tahap selanjutnya, Anda membeli produk ke supplier dengan harga Rp. 150 ribu untuk dikirimkan ke pembeli. Dari contoh kasus ini, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp. 50 ribu.

Untuk masalah promosi tidak hanya terbatas di media sosial saja. Anda juga bisa memanfaatkan marketplace, toko online sendiri ataupun promosi langsung. Bagi Anda yang tidak memiliki modal untuk berbisnis, direkomendasikan untuk mencoba pekerjaan online ini.

Artikel Terkait:

Mulai Bisnis Dropship dengan Langkah Ini.

Tips Sukses Dropship Tanpa Modal

Untuk menjadi sukses dalam dropship, Anda perlu bekerjasama dengan supplier yang profesional. Karena produk yang akan dijual, sama sekali tidak pernah Anda lihat. Jadi perlu dipastikan kualitasnya sebelum dikirimkan kepada pembeli.

Anda harus mencari produk yang laris dipasaran. Percuma saja jika produk yang dipromosikan ternyata tidak memiliki peminat. Cara ini bisa dilakukan dengan melihat produk terlaris yang ada di marketplace seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak.

Sesuaikan harga dengan tidak mengambil untung terlalu tinggi. Perlu disadari, bahwa menjadi dropshiper berarti siap bersaing dengan supplier utama. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan harga agar perbandingannya tidak terlalu jauh.

Anda juga harus tanggap dengan segala pertanyaan dari calon pembeli. Anda perlu untuk menguasai informasi mengenai produk yang dijual. Sehingga nantinya bisa menjelaskan dengan detail mengenai produk yang diinginkan oleh pembeli. Saat pembeli merasa senang dengan pelayanan yang diberikan, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Artikel Terkait:

5 Supplier Dropship Paling Direkomendasikan

Langkah-Langkah Meningkatkan Omset Bisnis Dropship

5. Program Afiliasi

affiliate program
Skema program afiliasi

Program afiliasi sebenarnya hampir sama dengan reseller atau dropship karena program ini juga mengharuskan kita mempromosikan produk orang lain. Perbedaannya terletak pada penghasilan yang akan diperoleh. Jika reseller atau dropship berasal dari ‘mark up’ harga atau keuntungan yang diterapkan pada harga produk, program afiliasi berasal dari komisi yang telah ditentukan oleh si pemilik produk. Artinya Anda bisa menentukan harga sendiri untuk produk yang hendak dijual dengan sistem reseller atau dropship, tapi pada program afiliasi Anda tetap menjual dengan harga yang telah ditentukan oleh pemilik produk/supplier.

Selain itu, cara kerja program afiliasi juga sedikit berbeda dengan reseller atau dropship. Kerja online yang satu ini mengharuskan kita memasarkan produk secara online, berbeda dengan reseller atau dropship yang bisa kita pasarkan secara offline.

Artikel Terkait

Pengertian Program Afiliasi, Cara Kerja dan Kelebihannya.

Alur Kerja Program Afiliasi

Hampir semua program afiliasi memiliki alur kerja yang sama. Anda diharuskan untuk mendaftar pada program afiliasi tertentu jika berminat kerja online di bidang ini. Salah satu toko online yang menyediakan program afiliasi adalah Zalora Indonesia. Pada saat mendaftar pun akan ditanya alamat situs yang akan digunakan untuk mempromosikan produk mereka.

Singkat cerita, ketika sudah berhasil diterima, Anda akan memiliki sejumlah link atau banner promosi. Nantinya, Anda bisa menempatkan media-media promosi itu di situs atau blog Anda. Penempatan itu bertujuan agar pengunjung blog akan mengklik link atau banner tersebut ketika tertarik untuk belanja. Link dan banner tersebut sudah disematkan kode afiliasi sehingga ketika pengunjung mengklik dan membeli barang dari toko online tersebut maka sistem akan mencatat komisi yang Anda diperoleh. Oiya, komisi ini bervariasi nominalnya, mulai dari 5% – 10% dari uang yang dikeluarkan konsumen ketika membeli barang.

Artikel Terkait:

Cara Mendaftar Afiliasi Zalora

Kerja Online Data Entry

Kerja Online Data Entry
Ilustrasi Data Entry

Seperti namanya, data entry atau input data merupakan pekerjaan berupa memasukkan data-data yang diminta oleh klien. Biasanya pekerjaan ini akan berupa perintah untuk memasukkan sejumlah data ke sebuah tempat, misal website perusahaan, blog, atau toko online.

Memang kerja online seperti yang satu ini terdengar cukup sederhana. Namun, untuk menjadi seorang data entry saat ini sudah semakin sulit. Pasalnya data entry menjadi salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang. Persaingan di bidang ini cukup ketat meski tidak ada salahnya untuk dicoba. Nah, untuk menjadi seorang data entry profesional, Anda harus memahami beberapa pengetahuan dasar penggunaan beberapa aplikasi, seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, tools Scrapping, dan sebagainya. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, biasanya klien mengharuskan Anda untuk menggunakan tools atau software pilihan klien. Jadi, pastikan bahwa Anda adalah quick learner yang bakal bisa memahami hal baru dengan cepat.

Mencari Pekerjaan Data Entry

Lalu, di mana Anda bisa menemukan lowongan pekerjaan data entry? Pekerjaan jenis ini bisa Anda temukan di sejumlah situs freelance, termasuk 4 situs freelance terpercaya yang pernah saya tulis. Sebelum melamar pekerjaan di situs-situs tersebut, diwajibkan untuk membuat akun dan profil pribadi agar menarik bagi para calon klien.

Artikel Terkait:

Kerja Data Entry: Pengertian, Syarat dan Cara Kerja

Berapa bayaran yang bisa diperoleh dari pekerjaan ini? Tentunya sangat bervariasi, tergantung seberapa banyak data yang harus diinput. Tapi, jika dibandingkan pekerjaan lain yang sudah saya sebutkan di atas, biasanya rate atau harga kerja online data entry lebih kecil. Hal tersebut dikarenakan tugas yang diberikan biasanya tergolong mudah dan sederhana. Namun, di situs-situs tersebut Anda juga bisa bernegosiasi dengan para klien terkait pembayaran.

Monetisasi Facebook

Mungkin hampir semua orang saat ini memiliki akun Facebook. Nah, bagi Anda yang sedang mencari tambahan penghasilan dari internet, Facebook bisa menjadi sarana untuk melakukan hal itu. Ada dua cara yang bisa digunakan dan keduanya tentu dengan memanfaatkan program yang telah disediakan oleh situs jejaring sosial terbesar di dunia ini. Kedua cara itu adalah Audience Network dan Ad Break. Jika Anda sudah cukup familiar dengan Google Adsense, maka dua program yang dikembangkan oleh Facebook Inc. tersebut punya sistem yang hampir mirip.

Audience Network adalah salah satu program PPC atau eCPM yang dikembangkan oleh Facebook. Intinya, program ini memungkinan siapa saja mampu menguangkan aplikasi mobile atau situs yang dimiliki dengan sebuah iklan yang ditampilkan. Sementara itu, Facebook Ad Break adalah cara memonitisasi Facebook dengan mengupload video ke halaman Facebook yang Anda miliki. Tentunya, untuk menjalankan salah satu atau kedua program ini ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Artikel Terkait:

Mendaftar Facebook Ad Breaks: Syarat dan Caranya

Penutup

Itulah bebeberapa kerja online yang bisa dicoba di tahun 2020. Kerja online cocok untuk Anda yang ingin memiliki waktu fleksibel. Tapi perlu diingat, Anda juga harus kuat untuk tidak bertemu banyak orang yang bisa membuat kebosanan. Selain itu, profesionalitas dan menjadi orang yang tepat waktu sangat penting jika ingin menjadi pekerja online yang sukses.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *