Email Marketing: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Email Marketing

Bisnis online semakin menjamur dan banyak perusahaan yang kini mengoptimalkan pemasaran secara online. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah email marketing. Secara sederhana, email marketing dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan mengirimkan pesan komersil kepada sekelompok orang menggunakan media email atau surat elektronik (surel).

Isi dari email marketing biasanya mengandung promo, penawaran produk, press release, diskon hingga konten branding. Tujuan email marketing adalah untuk mengoptimalkan penjualan. Namun, teknik ini juga akan membantu perusahan menjalin komunikasi yang baik dengan para pelanggan.

Email marketing membutuhkan data dari pelanggan, khususnya alamat email mereka. Oleh sebab itu, langkah awal untuk memulai teknik ini adalah dengan membangun list atau daftar alamat email pelanggan. Setelah daftar telah dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat konten email marketing tersebut kemudian mengirimkannya ke alamat email yang ada di daftar tersebut.

Alur Kerja Email Marketing

Darimana Anda bisa mendapatkan daftar alamat email tersebut? Nah begini skema dari sistem email marketing.

Doni adalah seorang pebisnis di bidang fashion dan telah memiliki website toko online sendiri. Ia melakukan berbagai upaya untuk mendatangkan pengunjung ke websitenya dan tentu membeli produk dari tokonya.

Ada beberapa promo di dalam website toko online Doni, salah satunya adalah potongan harga sebesar Rp 50.000,- untuk minimal transaksi Rp 200.000,-. Dengan penawaran semacam ini, tentu akan ada banyak calon pembeli yang tertarik untuk membeli produk yang dijual Doni.

Ketika calon pembeli tertarik maka terjadilah transaksi dan pembeli membeli produk tersebut melalui toko online Doni. Di sisi lain, website tersebut mewajibkan para pembeli untuk memiliki akun terlebih dahulu untuk menyelesaikan transaksi. Di dalam proses pendaftaran, para pembeli diwajibkan untuk menyertakan alamat email mereka. Nah, ketika pembeli memasukkan alamat email mereka, maka email-email tersebut akan ditampung di database pelanggan Doni.

Singkatnya, strategi Doni berhasil. Penjualan meningkat tajam berkat promo tersebut dan seiring dengan itu, ia juga memperoleh daftar alamat email dari para pelanggannya.

Promo tersebut akan terus membawa pelanggan baru sekaligus alamat-alamat email baru. Di sisi lain, Doni juga memiliki daftar alamat email pelanggan lama. Demi terus memaksimalkan potensi dari pelanggan lama, di sinilah email marketing akan bekerja.

Doni membuat konten email semenarik mungkin, berisi promo atau mungkin rekomendasi produk terbaru. Email tersebut kemudian dikirim ke alamat-alamat email pelanggan yang sudah ada di daftar. Pelanggan lama yang mungkin sudah lupa atau belum ingin membeli produk, tanpa sadar akan terpengaruh oleh email tersebut lantas membeli produk yang ditawarkan Doni melalui strategi email marketingnya.

Begitulah kira-kira bagaimana email marketing ini bekerja. Strategi ini akan membantu Anda untuk bisa memiliki repeat order dari pelanggan lama selagi terus berusaha mendapatkan pelanggan baru.

Artikel Terkait:

Panduan Jualan Online untuk Pemula

Manfaat Email Marketing

Setelah secara garis besar memahami apa itu email marketing dan bagaimana alurnya, kini saatnya untuk membahas manfaat dari salah satu strategi pemasaran ini.

1. Pendekatan Personal dengan Pelanggan

Melakukan interaksi dengan para pelanggan adalah kunci untuk tetap mempertahankan loyalitas mereka. Salah satu manfaat dari email marketing adalah untuk membuat pelanggan merasa didekati secara personal. Dengan demikian, mereka bisa lebih percaya dan nyaman untuk kembali berbelanja di toko Anda.

2. Efisiensi Penyampaian Informasi

Dahulu, perusahaan membuat brosur, spanduk, atau bahkan mengirim surat ke pelanggan untuk memberikan informasi terbaru mengenai produk mereka. Tapi, di era yang serba digital ini, kegiatan promosi semacam itu bisa dilakukan dengan mengirim email.

Dengan menggunakan media email, pesan Anda akan menjangkau lebih banyak orang. Para pelanggan juga bisa merespon pesan di dalam email tersebut sesegera mungkin. Di sisi lain, penyampaian informasi menggunakan email lebih cepat, mudah, dan efisien.

3. Kampanye Efektif dan Terukur

Saat menerapkan email marketing, tingkat keberhasilan kampanye tersebut bisa diukur secara efektif. Anda bisa mengevaluasi berapa banyak email yang telah dikirim hingga bagaimana respon dari penerima email tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa mengetahui kampanye jenis apa yang cocok untuk mayoritas pelanggan Anda. Apakah itu berbentuk promo? Potongan Harga? Atau mungkin gratis biaya pengiriman? Semuanya bisa dianalisis dengan efektif.

4. Kirim Email Sesuai Kategori Pelanggan

Di dalam email marketing, Anda bisa membuat segmentasi jenis pelanggan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat konten email sesuai dengan segmentasi yang telah dibuat. Beberapa contoh segmentasi adalah sebagai berikut:

  • Pelanggan baru
  • Pelanggan lama
  • Repeat Customer (pelanggan yang kerap melakukan transaksi tidak hanya satu kali)
  • Memisahkan gender antara wanita dan pria
  • Mengelompokkan usia pelanggan
  • dan lain sebagainya

Dengan membuat segmentasi (mengelompokkan), maka Anda bisa sesuaikan konten macam apa yang akan dikirimkan.

5. Membangun Loyalitas Pelanggan

Mencari pelanggan baru itu hal yang relatif mudah, namun mempertahankan mereka supaya loyal kepada toko Anda adalah sesuatu yang sulit. Email marketing akan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut.

Guna membangun loyalitas ini, buatlah konten yang menarik dan konsisten. Jangan lupa juga untuk menyertakan manfaat yang bisa diperoleh oleh pelanggan ketika membuka email tersebut. Buat mereka merasa seperti bagian dari brand Anda.

Kesimpulan

Membangun hubungan dengan para pelanggan bukanlah hal yang mudah. Anda tidak mungkin menjangkau mereka satu-per-satu secara konvensional atau offline. Salah satu cara agar hubungan tetap terjaga adalah dengan menerapkan strategi email marketing yang terukur. Selain itu, strategi ini juga akan membantu Anda meningkatkan penjualan dari para pelanggan setia.

Demikian tulisan saya mengenai pengertian, aluar kerja, dan manfaat menerapkan strategi email marketing.

Semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *