Iklan FB Ads Ditolak, Pahami Penyebab dan Solusinya

Iklan FB Ads Ditolak

Di dunia digital marketing, Facebook Ads memang menjadi salah satu primadona. Layanan ini sering digunakan terutama untuk memasarkan produk impulsif. Kendati demikian, tidak selamanya memasang iklan di Facebook Ads itu mudah. Tidak jarang ditemui kasus iklan FB Ads ditolak, bahkan hingga berkali-kali.

Jika penolakan itu terjadi untuk pertama kalinya, mungkin hal ini bukanlah masalah besar. Tapi, jika sudah beberapa kali ditolak, berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan iklan tersebut.

Supaya iklan FB Ads tidak ditolak oleh Facebook, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu cara beriklan yang benar di perusahaan milik Mark Zuckerberg ini. Pahami syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh mereka sehingga tidak terjadi lagi kasus iklan FB Ads ditolak.

Iklan FB Ads Ditolak karena Facebook Selalu Melakukan Review

Jika Anda memasang iklan di Facebook atau Instagram, iklan tersebut akan direview dalam waktu kurang lebih 1×24 jam. Dalam beberapa kasus bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan Facebook terhadap iklan-iklan ini, antara lain gambar/video, teks, targeting, penempatan iklan. Jika Anda menyertakan landing page pada iklan tersebut, pastikan halaman itu berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan juga halaman tersebut memang memuat jasa/produk yang sesuai dengan iklan yang dipasang. Ini poin yang biasanya dilupakan sehingga iklan FB Ads dilupakan.

Setelah proses review selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi dari Facebook terkait iklan yang dipasang. Jika diterima, maka Anda bisa memantau performa si iklan melalui Ads Manager.

Tapi jika iklan FB Ads ditolak, Facebook akan memberitahukan masalahnya. Mulai dari konten yang tidak sesuai dengan standar komunitas hingga spesifikasi konten yang tidak sesuai dengan standar yang diterapkan oleh mereka.

Perbaiki kesalahan yang diungkapkan Facebook. Jika memang harus membuat foto/video lagi, maka buatlah. Setelah selesai, ajukan kembali iklan yang sudah diperbaharui untuk direview. Jika iklan FB Ads yang sudah dirubah masih ditolak, silahkan coba meminta review manual. Informasikan kepada mereka bahwa iklan telah diperbaharui dan Anda yakin itu sudah sesuai dengan ketentuan Facebook.

Konten FB Ads yang Dilarang

Setiap platform periklanan pasti memiliki syarat dan ketentuan masing-masing, begitupun Facebook Ads. Kebanyakan kasus iklan FB Ads ditolak disebabkan oleh konten yang tidak sesuai dengan aturan itu. Ini beberapa jenis konten yang dilarang untuk diiklankan di Facebook:

  • Produk atau layanan ilegal
  • Konten yang memuat diskriminasi / SARA
  • Produk tembakau
  • Narkoba dan/atau produk yang terkait dengan obat-obatan terlarang
  • Memuat kekerasan, pelecehan, atau kata-kata kotor
  • Suplemen yang tidak aman / tidak mengantongi ijin
  • Senjata, amunisi, atau bahan peledak
  • Produk atau layanan untuk dewasa
  • Konten dewasa
  • Atribut pribadi
  • Konten kontroversial
  • Multi Level Marketing dan sejenisnya
  • Spyware atau Malware
  • dan lain sebagainya.

Konten dengan Penggunaan Dibatasi

Ada istilah konten iklan, tapi untuk pengguna terbatas. Artinya, konten ini masih bisa diiklankan, tapi harus mematuhi syarat dan aturan lanjutan yang berlaku. Beberapa niche yang masuk ke dalam kategori ini antara lain:

  • Produk alkohol
  • Kencan / Aplikasi atau situs kencan
  • Perjudian
  • Lotre
  • Suplemen
  • Jasa keuangan
  • Layanan pinjaman

Jika konten iklan Anda berupa video atau jenis iklan dinamis, maka harus mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan Facebook. Sebenarnya, secara garis besar mereka konten iklan, baik gambar maupun video, diwajibkan tidak menampilkan muatan negatif seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Artikel Terkait:

Cara dan Syarat Mendaftar Facebook Ad Breaks

Menargetkan Audience

Dalam menargetkan audience, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya:

  • Tidak menggunakan opsi targeting untuk tujuan diskriminasi, melecehkan, memprovokasi atau merendahkan pengguna lain.
  • Jika iklan tersebut ditujukan untuk pengguna dibatasi, pastikan Anda menargetkan usia di atas 20 tahun.

Menyiapkan Konten Iklan

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, iklan FB Ads ditolak sebagian besar karena konten iklannya, mulai dari media, deskripsi, hingga landing page. Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat konten iklan di Facebook Ads.

Relevansi

Semua komponen, mulai dari gambar/video, teks, atau media lain harus berhubungan dan sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, kesesuaian dengan audience yang telah ditargetkan juga penting untuk diperhatikan.

Akurasi

Landing page akan berfungsi ketika orang mengklik iklan tersebut, maka mereka akan menuju halaman website Anda. Oleh sebab itu, kesesuaian konten iklan dengan landing page juga sangat penting untuk diperhatikan untuk menghindari iklan FB Ads ditolak.

Teks dan Gambar

Dahulu, Facebook memiliki aturan maksimum teks yang ada di dalam gamber (konten iklan) adalah 20%. Jika lebih dari itu, maka siap-siap iklan FB Ads ditolak. Tapi, saat ini aturan tersebut sudah lebih fleksibel. Artinya, Anda masih bisa menempel banyak teks di dalam gambar yang menjadi konten iklan. Kendati demikian, semakin sedikit teks yang ada digambar terbukti memiliki performa lebih baik di Facebook Ads.

Kesimpulan

Ketika iklan FB Ads ditolak tentu menjadi hal yang menjengkelkan, terlebih jika harus membuat ulang konten iklan tersebut. Tapi, jika dikonsep sedemikian rupa sejak awal dan mematuhi aturan yang ditetapkan Facebook, kejadian seperti itu bisa diminimalisir.

Apabila sudah memperbaharui konten iklan tapi masih ditolak, gunakan fitur review manual sebagai langkah lanjutan. Tapi, sebelum menggunakan fitur tersebut, pastikan dahulu bahwa kesalahan yang diungkapkan Facebook sudah diperbaiki.

Semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *