5 Tools Riset Keyword Youtube untuk Datangkan Penonton

Riset Keyword Youtube

Saat ini sudah banyak sekali Youtuber anyar bermunculan. Mulai yang mengangkat niche komedi, teknologi, game, atau hiburan lainnya. Tapi, seringkali para Youtuber ini merupakan salah satu hal terpenting untuk bisa bersaing dengan kompetitor mereka, yakni melakukan riset keyword Youtube.

Mari kita kesampingkan Youtuber ternama seperti Atta Halilintar, Deddy Corbuzier atau Rafi Ahmad. Kenapa? Karena mereka sudah memiliki branded search untuk kata kunci nama mereka sendiri.

Artikel Terkait:

10 Konten Youtube Paling Menarik Minat Penonton

Sebaliknya, bagi para Youtuber pemula, tidak mungkin kan mengharapkan orang mengetikkan nama Anda di kolom pencarian? Di sinilah peran penting sebuah keyword atau kata kunci di Youtube. Optimasi keyword ini penting untuk dilakukan sebelum nantinya Anda menjadi Youtuber terkenal dan punya komunitas penonton sendiri.

Celakanya, ternyata bukan hanya Anda saja yang saat ini sedang merintis karir sebagai Youtuber. Ada ratusan ribu atau mungkin jutaan Youtuber pemula lain yang ingin mengembangkan channel mereka. Artinya, ada persaingan yang harus Anda menangi di situ.

Salah satu cara terbaik untuk memenangi kompetisi tersebut adalah dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang tepat. Oleh sebab itu, diperlukan proses riset terlebih dahulu sebelum menentukan mana kata kunci yang akan digunakan.

Ada dua metode yang bisa digunakan untuk melakukan riset keyword Youtube, menggunakan aplikasi pihak ketiga atau secara manual. Silahkan simak penjabarannya di bawah ini.

Aplikasi Riset Keyword Youtube Gratis

Cara tercepat dan praktis untuk melakukan riset keyword Youtube adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, Anda juga dapat menganalisa persaingan dan tingkat kesulitan dari kata kunci yang Anda tuju.

SEMrush

SEMrush

SEMrush sebenarnya lebih sering digunakan untuk menganalisa persaingan sebuah kata kunci di Google. Tapi, dengan menggunakan aplikasi ini, setidaknya Anda akan mengetahui insight topik apa yang paling sering dicari orang.

Salah satu fitur yang disenangi dari SEMrush adalah skor kesulitan dari tiap kata kunci yang Anda tuju. Tapi, Anda bisa mengabaikan jika tingkat kesulitan skor yang ditampilkan cukup tinggi. Pasalnya, pada beberapa kasus, kata kunci dengan kesulitan tinggi belum tersedia di Youtube.

Keywords Everywhere

Keywords Everywhere sebenarnya merupakan plugin Mozilla Firefox. Tapi, kabar gembiranya adalah kini juga tersedia sebagai ekstensi di Google Chrome. Tools ini akan berfungsi untuk mengetahui search volume, CPC, dan kompetisi AdWords untuk kata kunci yang Anda tuju. Tidak hanya dapat digunakan di Google saja, tools ini akan bermanfaat untuk diterapkan di Youtube.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal memasang plugin ini di browser yang digunakan. Setelah terpasang, masukkan keyword atau kata kunci yang Anda tuju pada kolom pencarian Google atau Youtube yang tersedia. Kemudian, secara otomatis data akan ditampilkan di bawah kolom pencarian.

KeywordTool.io

KeywordTool.io

Aplikasi yang satu ini cukup banyak digunakan sebagai alat untuk menganalisis kata kunci. Tidak hanya di Google, tapi juga Bing, Amazon, eBay, App Store, dan tentunya Youtube. KeywordTool.io tersedia dalam versi berbayar, tapi juga dapat digunakan secara gratis.

Kelemahan versi gratisnya adalah Anda tidak dapat melihat search volume, trend, CPC, dan competition. Selain itu, saran kata kunci untuk Anda pun akan dibatasi.

Google Trends

Google Trends ternyata bisa juga loh dimanfaatkan sebagai alat untuk mencari ide dalam membuat konten Youtube. Banyak orang yang mengklaim bahwa alat terbaik untuk riset keyword Youtube adalah Google Trends. Tidak hanya karena gratis, alat ini juga diklaim memiliki akurasi tinggi dalam mencari tren apa yang sedang banyak dibicarakan dan dicari orang di dunia maya.

VidIQ

Sama seperti empat aplikasi sebelumnya, VidIQ juga bisa menjadi alternatif Anda dalam mencari kata kunci untuk konten Youtube. Sebenarnya, untuk mendapatkan analisis yang maksimal, diperlukan untuk membayar biaya berlangganan. Tapi, jika hanya untuk sekedar mencari ide dalam membuat konten Youtube, menggunakan versi gratisnya pun sudah cukup.

Cara Riset Keyword Youtube secara Manual

Selain menggunakan aplikasi di atas, ada cara lain yang bisa digunakan untuk riset keyword atau kunci di Youtube. Cara yang terbilang manual ini akan memanfaatkan auto correction yang terdapat di kolom pencarian Youtube.

Keyword Youtube

Misalnya, Anda akan mendapatkan ide kata kunci untuk konten tentang “ikan koi”. Maka, Anda cukup ketikkan “ikan koi” di kolom pencarian. Nah, nantinya di kolom pencarian Youtube tersebut ada beberapa kata kunci yang bisa Anda gunakan, seperti ikan koi tercantik, ikan koi terbesar, dan sebagainya. Mudah bukan?

Penutup

Setelah menemukan keyword Youtube yang sesuai dengan niche channel Anda, kini saatnya untuk membuat video sesuai dengan keyword tadi. Kelemahan menggunakan cara manual di atas adalah tidak adanya analisis data seperti ketika menggunakan aplikasi. Tapi, cara ini juga kerap digunakan oleh Youtuber untuk setidaknya mengetahui bahwa ada orang yang mencari kata kunci tersebut.

Semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *