Rahasia Cepat Menjadi Star Seller Shopee

Star Seller Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Traffic pengunjung Shopee juga sangat luar biasa dan meningkat dari tahun ke tahu. Pada tahun 2019 lalu, mereka mencatatkan 90 juta pengunjung. Maka, tidak heran jika saat ini banyak penjual yang membuka toko di sana. Hasilnya pun bisa dikatakan sangat menjanjikan. Tapi, hal itu bisa diraih jika para seller memiliki strategi pemasaran yang baik. Salah satunya adalah dengan menjadi star seller Shopee.

Star seller adalah salah satu bentuk apresiasi yang diberikan pihak Shopee kepada penjual yang aktif dan mampu melayani pembeli dengan baik. Program ini selain memberikan penghargaan kepada seller, juga bisa meningkatkan penjualan di toko star seller tersebut. Loh kok bisa? Pasalnya, para pembeli di marketplace kini semakin pintar. Mereka akan membeli produk dari sebuah toko yang memang terpercaya. Star seller Shopee ini juga berfungsi sebagai identitas bahwa toko Anda adalah toko yang direkomendasikan Shopee.

Menjadi star seller Shopee bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pengorbanan dan kegigihan Anda untuk bisa mendapatkan penghargaan tersebut. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan beberapa cara agar Anda bisa menjadi star seller dalam waktu singkat. Tips yang akan saya bagikan dapat diaplikasikan oleh penjual pemula maupun yang sudah lama berjualan di Shopee tapi belum mendapatkan predikat star seller.

Namun, sebelum membahas tentang tips cepat menjadi star seller Shopee, silahkan baca beberapa syarat yang bisa membuat Anda mendapat predikat star seller. Selain itu, saya juga menyertakan keuntungan yang bisa diperoleh bagi Anda yang telah mendapat predikat star seller.

Artikel Terkait:

Cara Membuat Toko di Shopee

Syarat dan Ketentuan

Shopee memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh seller untuk mendapatkan predikat star seller. Berdasarkan situs resmi mereka, poin-poin di bawah ini harus dipenuhi, tanpa terkecuali. Jadi, pastikan Anda memenuhi syarat-syarat di bawah sebelum memutuskan untuk mengajukan diri menjadi star seller.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah diverifikasi Shopee.
  2. Persentase chat dibalas di atas 80%
  3. Minimal penilaian toko adalah 4.5 bintang
  4. Total order bulanan di atas 50 transaksi
  5. Rata-rata waktu pengemasan barang adalah 2 hari (maksimal)
  6. Tingkat pesanan yang tidak diselesaikan di bawah 10%
  7. Tingkat keterlambatan pengiriman di bawah 5%.
  8. Poin penalti 0
  9. Tidak pernah melanggar kebijakan Shopee

Apakah Anda adalah salah satu penjual yang memenuhi syarat dan ketentuan tersebut? Jika iya, mari berharap bahwa dalam waktu dekat toko Anda akan mendapat predikat star seller.

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

Menjadi star seller Shopee tentunya adalah idaman bagi setiap penjual. Sebab, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh apabila toko Anda mendapat predikat tersebut. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh:

1. Kredibilitas Toko/Penjual Naik

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, para pembeli akan cenderung memilih toko dengan predikat star seller. Dengan adanya badge tersebut, secara otomatis calon pembeli meyakini bahwa toko tersebut adalah toko yang berkualitas, baik dari segi produk maupun pelayanan. Artinya, kredibilitas toko Anda dapat dengan cepat diakui calon pembeli meski ia belum pernah membeli produk di toko Anda.

2. Meningkatkan Angka Penjualan

Kredibilitas toko sudah naik, kini saatnya bersiap untuk kebanjiran order. Bagaimana tidak? Shopee akan memprioritaskan toko dari star seller di hasil pencarian calon pembeli.

Misalnya: Calon pembeli mengetikkan “Tas Wanita” di kolom pencarian. Nah, sistem Shopee akan menampilkan produk “Tas Wanita” dari para star seller diurutan teratas. Artinya, produk dari toko yang sudah mendapat predikat star seller akan lebih mudah ditemukan calon pembeli.

3. Mendapatkan Promo Spesial Shopee

Ada banyak promo yang bisa dimanfaatkan oleh para seller. Tapi, star seller Shopee biasanya akan mendapatkan promo-promo khusus alias spesial, yang tidak diberikan kepada seller biasa. Promo-promo tersebut di antaranya: Shopee Mall, Flash Sale, Kupon, Gratis Ongkir, dan lain sebagainya.

Nah, dengan mendapatkan promo spesial dari Shopee ini, star seller bisa semakin memenangkan persaingan dengan seller lain untuk produk yang sama. Alhasil, orderan menuju toko Anda akan semakin meningkat.

Artikel Terkait:

Tips Sukses Jualan di Shopee

Tips Cepat Menjadi Star Seller Shopee

Setelah memahami apa itu star seller Shopee, syarat dan ketentuan, serta keuntungannya, Anda mungkin akan semakin tertarik dengan program ini. Nah, berikut ini tips yang bisa diterapkan pada toko Anda supaya bisa terpilih menjadi star seller.

1. Ikuti Syarat, Ketentuan, dan Kebijakan/Peraturan Shopee

Jika ingin menjadi penjual sukses di Shopee maka jangan sekali-kali berani untuk melanggar syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan untuk para seller. Selain berisiko memblokir akun toko Anda, melanggar peraturan yang telah ditetapkan akan membuat toko Anda sulit untuk menjadi star seller.

2. Upload Identitas KTP dan Pas Foto

Ketika menjadi seller dan ingin mengaktifkan fitur gratis ongkir Shopee, Anda akan diminta untuk mengupload scan KTP dan pas foto dengan memegang KTP. Hal ini bertujuan untuk melindungi pembeli dari tindak penipuan. Sehingga ketika hal semacam itu terjadi, Shopee dapat melacak identitas penjual.

Artikel Terkait:

Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir Shopee

3. Upload Foto Produk dengan Kualitas Tinggi

Foto produk di dalam toko Anda adalah salah satu senjata untuk meningkatkan penjualan. Jadi, pastikan Anda menggunakan foto asli produk (real pict) dan bukan hasil download dari internet. Selain itu, pastikan pula foto tersebut memiliki resolusi yang cukup tinggi.

4. Buat Judul dan Deskripsi Produk dengan Benar

Semacam SEO, berjualan di Shopee juga memerlukan kata kunci. Misalnya, produk yang Anda jual adalah ‘tas wanita’. Maka pastikan di dalam judul dan deskripsi produk tersebut mengandung kata ‘tas wanita’. Hal ini penting untuk dilakukan agar ketika calon pembeli mengetikkan ‘tas wanita’ di kolom pencarian, produk Anda bisa tampil di halaman teratas.

Deskripsikan produk dengan baik, mulai dari detail warna, ukuran, kualitas bahan, dan sebagainya. Selain itu, tambahkan beberapa hashtag (#) di akhir deskripsi produk juga membantu mesin pencari Shopee menemukan produk Anda. Harap diingat, jangan pernah menuliskan kontak Anda di deskripsi produk (Handphone, WA, Email, dsb).

5. Jangan Dulu Mengambil Untung Terlalu Besar

Salah satu indikator agar diterima menjadi star seller Shopee adalah jumlah transaksi dan pembeli. Oleh karena itu, penting untuk tidak mengambil untung terlalu besar ketika merintis toko di Shopee. Hal ini ditujukan agar toko Anda ramai pembeli terlebih dahulu karena dikenal dengan harganya yang murah. Langkah ini akan memuluskan tujuan Anda menjadi star seller.

Ingat, berjualan di marketplace seperti Shopee adalah tentang persaingan dengan penjual lain. Artinya, akan ada banyak toko lain yang menjual produk serupa dengan beragam harga. Jadilah yang termurah, tapi dengan kualitas terbaik.

6. Keramahan dalam Membalas Pesan

Indikator lainnya adalah persentase chat harus di atas 80%. Tapi, harap pastikan bahwa Anda bukan hanya sekedar membalas pesan-pesan itu. Keramahan ketika membalas pesan dari calon pembeli juga harus diperhatikan. Ketahuilah bahwa mayoritas calon pembeli akan lebih tertarik kepada sebuah produk ketika dilayani dengan baik, termasuk dalam membalas pesan/chat.

7. Kirim Tepat Waktu

Pihak Shopee biasanya memberikan batas waktu dua hari kepada penjual untuk menyiapkan dan mengirimkan pesanan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda bisa mengirimkan produk-produk pesanan pembeli tepat waktu sebelum batas waktu yang ditetapkan Shopee.

Tapi, jika produk Anda adalah produk ‘pre-order’ bisa lebih lama karena Anda bisa melakukan pengaturan berapa lama produk akan dikirim.

8. Hindari Kesalahan

Pahami dengan baik pesanan yang dibuat oleh pembeli, mulai dari warna, motif, atau mungkin ukuran. Jangan sampai Anda mengirim produk dengan spesifikasi yang berbeda dengan yang diminta pembeli. Ketahuilah, hal ini sangat menjengkelkan bagi pembeli jika menerima produk tidak sesuai permintaan. Hal ini bisa berdampak pada rating toko Anda.

9. Update Stok Produk

Berjualan di marketplace bisa menjadi bencana jika Anda tidak memperbaharui stok produk secara berkala. Contoh seperti ini: Produk tas A masih tertulis tersedia 5 pcs di deskripsi produk, tapi sebenarnya sudah habis dan Anda tidak punya stok cadangan. Ketika Anda pembeli yang membeli produk tersebut dan melakukan pembayaran tentu akan membuat Anda kelabakan karena sudah tidak stok.

Mungkin produk bisa tetap dikirim dengan keterlambatan, karena Anda bisa mencari stok terlebih dahulu. Tapi bukan tidak mungkin justru terjadi pembatalan transaksi yang akan berakibat buruk pada penilaian toko Anda.

10. Naikkan Produk Secara Rutin

Shopee menyediakan fitur ‘Naikkan Produk’ yang akan berfungsi mengangkat posisi produk Anda di halaman teratas pencarian ketika seseorang mengetikkan kata kunci produk Anda. Tapi, fitur ini terbatas untuk 5 produk saja setiap harinya.

11. Mempromosikan Produk

Meningkatkan penjualan bisa dari mana saja caranya. Manfaatkanlah sosial media atau kontak Whatsapp Anda untuk berjualan produk. Deskripsikan produk yang Anda jual kemudian jangan lupa untuk sematkan link menuju produk di toko Shopee Anda.

Penutup

Menjadi star seller Shopee tentunya merupakan impian setiap penjual di marketplace ini. Tapi, tidak semua seller bisa meraihnya dengan mudah, bahkan tidak jarang yang sudah lama berjualan di sana tapi tak kunjung mendapat predikat star seller.

Oleh karena itu dibutuhkan langkah dan strategi yang baik untuk menjadi star seller. Dengan tips yang sudah saya jabarkan di atas, semoga bisa membantu Anda menjadi star seller Shopee dalam waktu singkat.

Semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *