Cara Menjadi Reseller Sukses Tanpa Modal Besar

Cara Menjadi Reseller

Bisnis online semakin digemari oleh banyak orang. Pasalnya, saat ini masyrakat perlahan telah beralih dari belanja di pusat perbelanjaan ke belanja online. Alhasil, saat ini banyak ditemukan toko-toko online baru. Bagi Anda yang sedang ingin memulai bisnis online tapi minim modal, jangan berkecil hati. Ada banyak jalan yang bisa ditempuh, salah satunya dengan cara menjadi reseller.

Semakin menjamurnya toko-toko online membuat persaingan semakin ketat. Hal tersebut membuat mereka harus memutar otak agar bisnis tetap profit. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membuka program reseller dan/atau dropship. Program semacam ini cukup ampuh untuk terus meningkatkan pendapatan toko.

Lalu, apa itu reseller? Secara garis besar reseller adalah orang yang memasarkan kembali sebuah produk dari toko lain. Artinya, produk yang dijual oleh reseller bukanlah hasil produksi mereka sendiri, melainkan mengambil dari supplier/toko tadi.

Artikel Terkait:

Pengertian serta Perbedaan Reseller dan Dropship

Tapi, seringkali para reseller justru mandek dan kesulitan untuk menjual produk/jasa yang mereka pasarkan. Alhasil, banyak orang yang menyerah untuk menggeluti bisnis online semacam ini.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan beberapa tips untuk bisa meraih sukses dan mengembangkan bisnis reseller Anda.

Cara Menjadi Reseller Online Shop Sukses

Menggeluti bisnis reseller memerlukan perencanaan dan strategi yang tepat, bahkan sebelum memulai. Mengapa? Sebab, bisnis ini membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk membangun dari nol. Diperlukan kerja keras dan keuletan dari reseller untuk menggapai sukses. Berikut ini cara menjadi reseller sukses yang saya harapkan bisa bermanfaat untuk Anda.

1. Pilih Produk yang Tepat

Cara menjadi reseller sukses yang pertama adalah dengan memilih produk yang tepat. Ini adalah hal paling utama yang harus ditentukan sedini mungkin sebelum mulai menggeluti bisnis reseller. Sangat disarankan untuk menjual produk yang sesuai dengan hobi atau minat Anda.

Misalnya, Anda adalah seorang yang selalu mengikuti perkembangan fashion. Maka, jual lah produk fashion, bukan produk otomotif.

Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak dibolehkan untuk menjual produk diluar minat. Tentu sangat boleh! Tapi, alangkah baiknya jika produk yang dijual adalah produk yang benar-benar Anda pahami. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah memahami spesifikasi, keunggulan, maupun kekurangan produk tersebut.

2. Memilih Supplier Berkualitas

Cara menjadi reseller sukses yang kedua adalah dengan memilih supplier berkualitas. Jangan malas untuk melakukan survei sebelum menunjuk supplier mana yang akan Anda ajak kerjasama.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menentukan supplier, di antaranya:

  • Cari tahu apakah si supplier membuka program reseller atau tidak.
  • Kualitas dan harga produk apakah bisa bersaing dengan seller lain atau tidak. Terkait harga, pastikan bahwa Anda akan mendapatkan harga khusus (lebih murah) sebagai reseller karena biasanya supplier yang berpengalaman sudah memiliki price list khusus untuk reseller.
  • Jarak lokasi supplier dengan tempat Anda karena akan berdampak pada besarnya biaya pengiriman.
  • Memiliki respon yang baik dan cepat dalam menanggapi pesan Anda.
  • Cari tahu track record si supplier, apakah mereka masih baru atau sudah berpengalaman.
  • Jika ada, cek review dari reseller lain tentang supplier tersebut.

Artikel Terkait:

Panduan Bisnis Online untuk Pemula

3. Memasarkan Produk

Setelah menentukan produk dan supplier/toko online yang akan menjadi partner Anda, kini saatnya mulai menjual produk/jasa tersebut. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemasaran, antara lain:

Harga Jual

Lakukan survei kepada seller lain, apakah harga jual yang Anda tetapkan bisa bersaing dengan mereka? Jangan mengambil untung terlalu besar dahulu karena salah satu cara menjadi reseller sukses di awal karir mereka adalah dengan membangun image terlebih dahulu.

Bangunlah image bahwa toko Anda punya harga bersaing tapi tetap mengedepankan kualitas. Hal ini akan membantu toko Anda memiliki pelanggan tetap di kemudian hari.

Kompetitor

Survei kepada kompetitor atau seller lain juga berfungsi untuk mencari tahu strategi pemasaran, di mana mereka memasarkan produk, hingga harga jual. Cari kelemahan mereka dan jadikan itu sebagai kelebihan toko Anda.

Jika mereka hanya menjual di sosial media, Anda bisa mengekspansi dagangan Anda dengan menjualnya di toko online sendiri dan/atau marketplace.

Lokasi Penjualan

Reseller bisa menjual produk/jasa mereka secara offline. Dengan demikian, pemilihan lokasi toko juga sangat penting. Ini hanyalah salah satu opsi untuk memasarkan produk Anda jika memiliki modal lebih.

Tapi, mayoritas para reseller menjual produk mereka secara online. Mengapa? Karena dengan cara ini mereka memiliki jangkauan lebih luas kepada calon pembeli. Manfaatkan sosial media, marketplace, dan buat toko online sendiri.

Strategi Pemasaran

Salah satu strategi pemasaran yang cukup ampuh adalah dengan memberikan promo kepada pelanggan. Promo tersebut bisa berupa potongan harga (diskon), giveaway, atau bahkan gratis biaya pengiriman. Buatlah syarat dan ketentuan untuk menikmati promo tersebut. Misal, gratis ongkir untuk minimal pembelian Rp 100.000,-.

Jika bisnis sudah berkembang, gunakanlah iklan berbayar dari Google dan Facebook. Ini juga menjadi salah satu cara menjadi reseller sukses yang paling ampuh. Beriklan di Google maupun Facebook akan memberikan peningkatan traffic signifikan menuju toko online Anda. Sejalan dengan itu, potensi penjualan produk maupun jasa Anda juga akan meningkat.

Artikel Terkait:

Tips Agar Pasang Iklan di FB Ads Tidak Ditolak

4. Evaluasi
Evaluasi Bisnis Reseller

Sama seperti halnya bisnis lain, salah satu cara menjadi reseller sukses juga dengan melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi yang dilakukan mulai dari pasokan produk dari supplier, kualitas produk, ketepatan waktu pengiriman, hingga mengkaji ulang harga jual. Jangan ragu untuk melakukan riset atau survei ke kompetitor secara berkali-kali.

Selain itu, evaluasi terkait strategi pemasaran juga penting untuk dilakukan. Cari kekurangan dari strategi yang telah diterapkan, apa yang kurang, hingga cara memperbaikinya.

Setelah masalah ditemukan, terapkanlah solusi untuk memperbaiki hal itu. Setelah beberapa minggu, coba evaluasi kembali apakah masalah tersebut telah terselesaikan atau belum.

Artikel Terkait:

10 Tips Sukses Jualan di Instagram

Penutup

Menggeluti bisnis reseller terdengar cukup mudah, apalagi ada embel-embel minim modal. Tapi, ketahuilah bahwa semua bidang bisnis memerlukan pengorbanan dan kegigihan, begitupun ketika memutuskan untuk menjadi reseller.

Salah satu cara menjadi reseller sukses adalah dengan menerapkan strategi yang baik, mulai dari perencanaan hingga setelah bisnis berjalan. Oleh karena itu, keuletan dari reseller benar-benar dibutuhkan untuk meraih sukses di kemudian hari.

Semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *