Haruskah Kita Menghapus Cache di Smartphone?

cara menghapus cache

Hampir semua orang, terutama kaum milenial saat ini memiliki smartphone. Setiap ponsel pintar pasti memiliki ruang penyimpanan yang akan memudahkan prosesor bekerja dan menjalankan beragam aplikasi. Salah satu yang memakan ruang penyimpanan ponsel kita adalah cache. Tapi, apakah kita harus menghapus cache?

Setiap aplikasi yang ada di dalam smartphone pasti memiliki cache, baik berplatform Android maupun iOS. Apa itu cache? Kegunaan atau fungsinya untuk apa? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Cache

Secara sederhana, cache adalah datar dari aplikasi yang bersifat sementara. Data ini akan disimpan di dalam memori atau penyimpanan internal smartphone. Cache mencatat semua aktivitas pengguna pada aplikasi tersebut.

Misalnya, Anda membuka browser lalu mengakses halaman Facebook dengan mengetikkan alamat situs di kolom pencarian browser. Kemudian Anda login dengan memasukkan alamat email dan sandi akun Anda. Semua aktivitas dan data tersebut akan disimpan di dalam cache. Sehingga, ketika nanti Anda membuka browser dan mengakses Facebook lagi, Anda tidak perlu lagi mengetikkan alamat di kolom pencarian browser dan tidak perlu login kembali (jika pada akses sebelumnya belum di logout).

Cache sebenarnya memudahkan pengguna supaya tidak berulang kali melakukan aktivitas yang sama untuk tujuan yang sama, seperti contoh di atas.

Fungsi Cache

Setelah mengetahui prinsip kerja cache di smartphone Anda, kini saatnya untuk memahami apa sih fungsi dari cache tersebut? Seperti yang sudah saya singgung di atas, cache berfungsi untuk membuat aplikasi bekerja lebih cepat. Data pengguna yang sudah tersimpan, seperti alamat email dan sandi ketika login, akan membuat pengguna tidak perlu mengetikkan ulang email dan sandi ketika akan login kembali. Dengan demikian, salah satu fungsi cache adalah memberikan efisiensi kepada para pengguna.

Pada browser, data cache adalah informasi yang akan membuat situs web dimuat secara lebih cepat karena diakses dari folder lokal. Sebagai contoh, gambar di beranda blog berukuran relatif besar. Oleh karena itu, men-cache elemen-elemen tersebut hanya memerlukan proses unduh satu kali saja.

Jika Anda mengunjungi situs tapi terlalu lama dimuat, tentu akan dengan cepat membuat Anda meninggalkan situs tersebut. Oleh sebab itu, menggunakan caching adalah cara bagi para pengelola situs untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.

Apakah Harus Mengapus Cache?

Jawaban dari pertanyaan apakah kita harus menghapus cache adalah YA! Cache memang memberikan efisiensi dan pengalaman pengguna lebih baik. Tapi, cache juga bisa membuat smartphone Anda lemot jika tidak rutin dibersihkan. Sebab, cache yang terlalu menumpuk akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk rutin menghapus cache sekiranya 2 hari sekali atau maksimal satu minggu sekali.

Menghapus cache juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi smartphone lemot. Membersihkan cache dari beragam aplikasi yang terinstal akan mampu meningkatkan performa smartphone.

Kelebihan dan Kekurangan Menghapus Cache

Cache memiliki dampak positif dan negatif terhadap smartphone Anda. Kelebihan menghapus cache tentu adalah memperluas ruang penyimpanan smartphone. Seiring dengan itu, performa ponsel pintar pun akan meningkat. Menghapus cache juga biasanya dilakukan untuk mereset aplikasi yang error.

Sementara itu, dampak negatif dari menghapus cache adalah membuat aplikasi seperti baru. Artinya, Anda perlu memasukkan ulang informasi login atau detail lain untuk aplikasi tersebut ketika membukanya kembali.

Cara Menghapus Cache

Selain membersihkan smartphone dari virus, cache ternyata juga harus dibersihkan secara rutin. Ada dua cara menghapus cache dari smartphone Android maupun iOS, yakni secara manual dan menggunakan aplikasi tambahan.

Langkah-langkah untuk menghapus cache secara manual adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan di smartphone Anda. Kemudian, masuk ke menu Apps.
  • Pilih aplikasi mana yang akan dihapus cachenya, misalnya Facebook.
  • Setelah bagian app info terbuka, klik pilihan Clear Cache.
menghapus cache

Jika aplikasi Facebook sudah dibersihkan, Anda juga membersihkan cache di aplikasi lain. Tapi, caranya dengan memilih dan menghapus cache satu per satu dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Selain cara manual, ada juga cara yang lebih cepat dan praktis yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi semacam ini di PlayStore. Aplikasi ini tidak hanya berfungsi menghapus cache, melainkan juga membersihkan RAM smartphone.

5 Rekomendasi Aplikasi Pembersih Smartphone

  • Nox Cleaner
  • CCleaner
  • Speed Booster
  • Clean Master
  • Phone Master

Artikel Terkait:

Cara Mengganti Password Gmail

Penutup

Dengan membaca artikel ini, diharapkan Anda dapat lebih memahami apa itu cache, fungsi cache, hingga cara menghapus cache. Informasi seperti ini penting untuk diketahui oleh pemilik smartphone karena termasuk dalam kegiatan maintenance bagi ponsel pintar.

Semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *