10 Konten Youtube yang Menarik Minat Penonton

Konten Youtube yang Menarik

Bagi Anda yang saat ini tertarik untuk menjadi Youtuber, penting sekali untuk menentukan konten Youtube yang menarik untuk channel Anda. Selayaknya niche website bagi para blogger, Anda akan terarah dan konsisten dalam memproduksi video jika sudah menentukan konten apa yang akan mengisi channel Anda.

Faktanya, tidak ada yang instan. Meski saat ini sudah banyak Youtuber sukses, mereka sebenarnya memulai dengan susah payah. Hal ini juga akan terjadi pada Anda ketika merintis sebuah channel baru. Konsistensi dalam membuat konten Youtube yang menarik nantinya akan mempengaruhi jumlah penonton maupun subscriber channel Anda.

Buatlah konten yang fresh, bukan hanya sekedar meniru dari konsep Youtuber lain. Misalnya, ada Youtuber terkenal yang membuat konten berisi kegiatan sehari-hari. Video tersebut sukses ditonton jutaan orang. Kemudian, Anda meniru konsep dari konten Youtuber tersebut tanpa ide dan eksekusi yang matang. Alhasil, bukan video Anda akan sia-sia karena justru tidak dilirik oleh pengguna Youtube.

Ingat, mereka adalah Youtuber terkenal sedangkan Anda baru akan memulai. Artinya, setiap Youtuber punya latar belakang berbeda. Oleh karena itu, sangat disarankan mengisi channel Youtube dengan konten-konten yang masih berhubungan dengan hobi atau minat Anda. Jika memang ingin meniru konsep dari konten Youtuber lain, cobalah sedikit rubah sesuai dengan gaya Anda.

Artikel Terkait:

Cara Menjadi Youtuber Pemula Cuma Modal Handphone

Konten Youtube yang Menarik Minat Penonton

Jika tujuan Anda menjadi Youtuber adalah untuk mencari tambahan penghasilan maka Anda tidak salah. Apapun alasannya, Anda masih harus tetap berjuang dari nol dan membangun channel tersebut. Kunci menghasilkan uang dari Youtube adalah pengunjung atau penonton video di channel Anda. Jadi, jika ingin menghasilkan banyak uang, maka buatlah konten Youtube yang menarik perhatian mereka.

Konsistensi, keuletan, dan pandai melihat peluang akan sangat dibutuhkan di sini. Terlebih, apabila Anda masih belum memiliki tim, hanya bekerja seorang diri.

Berikut 10 konten Youtube yang bisa menjadi salah satu topik utama di channel Anda.

1. Kuliner

Food Vlogger

Jika Anda hobi memasak, sebenarnya ini bisa menjadi jalan untuk meraih sukses di Youtube. Channel dengan niche kuliner sangat mudah untuk mendapatkan jam tayang. Kenapa? Karena mereka bisa mengisi channel tersebut dengan video tutorial memasak. Video semacam ini menuntut para penonton untuk tidak mempercepat (skip) video karena mereka harus melihat step-by-step dari tutorial memasak tersebut.

Isi channel dengan konten Youtube yang menarik. Misalnya, video tutorial memasak, resep masakan, atau bahkan wisata kuliner.

2. Travelling

Seperti yang sudah disinggung di awal, bangunlah channel Youtube sesuai dengan minat atau hobi. Channel dengan niche Travelling akan sangat cocok bagi Anda yang suka bepergian. Channel dengan niche ini juga mudah untuk mendapatkan subscribers selama Anda bisa membuat konten Youtube yang menarik dan dikemas dengan baik.

Travel Vlogger biasanya sering memberikan referensi kepada penontonnya tentang destinasi yang sedang mereka kunjungi. Channel dengan niche seperti ini akhirnya kerap menjadi bahan rujukan sebelum orang bepergian ke suatu tempat.

Anda bisa mengisi channel dengan topik travelling dengan konten seperti review hotel, tempat wisata, biaya transportasi, dan sebagainya. Rekam segala aktivitas menarik ketika Anda sedang bepergian sehingga Anda bisa menghasilkan uang sembari berlibur.

3. Review Gadget
Review Gadget

Hampir setip bulan ada perusahaan teknologi yang merilis produk terbaru mereka, mulai dari laptop, smartphone, aksesoris, dan sebagainya. Bagi Anda yang gemar mengikuti perkembangan dunia teknologi, membuat channel review gadget adalah pilihan yang tepat.

Banyak orang menantikan review dari produk gadget terbaru dan antusias untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Cobalah untuk membuat konten review yang informatif dan berbobot. Jika perlu, lakukan komparasi/perbandingan dengan produk dari brand lain.

Kendati demikian, membuat channel dengan niche review gadget membutuhkan modal yang tidak sedikit. Pasalnya, Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli produk yang akan direview. Tapi, jika Anda sudah menjadi seorang Youtuber review yang terkenal, bukan tidak mungkin justru brand-brand kenamaan akan dengan senang hati memberikan produk terbarunya untuk direview oleh Anda.

Artikel Terkait:

5 Tools untuk Riset Keyword Youtube

4. Olahraga

Niche Olahraga adalah salah satu niche dengan basis penggemar yang cukup besar. Sangat disarankan untuk fokus kepada satu bidang olahraga saja, yang sesuai dengan minat/hobi Anda. Misalnya, Anda adalah orang yang sangat gemar dengan dunia sepakbola. Dengan demikian, Anda juga memiliki pengetahuan yang cukup untuk membahas tentang sepakbola.

Nah, buatlah konten Youtube yang menarik dari niche ini. Sebagai contoh: 10 Gol Terbaik Manchester United Sepanjang Masa atau 10 Gol Terkonyol yang Pernah Tercipta.

5. Kecantikan

Konten Youtube yang menarik selanjutnya adalah dengan niche kecantikan. Beauty Vlogger biasanya menghadirkan tutorial makeup di dalam channelnya. Mulai dari memasang bulu mata, membuat pipi terlihat tirus, dan sebagainya. Sama seperti kuliner, video dengan tujuan tutorial seperti ini akan menghadirkan cukup besar menit tayang karena penonton harus memperhatikan step-by-step.

Selain tutorial, Anda juga membuat konten yang berisi review produk terbaru dari sebuah brand kenamaan. Lakukan review mendalam dan informatif sehingga akan bermanfaat bagi para penonton.

6. Politik

Di tengah era yang serba modern seperti saat ini, banyak masyarakat yang sudah semakin melek akan dunia politik. Jadi, membuat channel dengan niche politik juga bisa Anda coba. Kendati demikian, Anda harus hati-hati ketika ingin berbagi informasi dunia politik kepada penonton video Anda. Jangan sampai berita yang Anda jadikan konten adalah berita yang kurang baik, menyudutkan salah satu pihak, atau bahkan berita hoax.

7. Hiburan

Konten Youtube yang menarik selanjutnya adalah yang berbau hiburan alias menghibur para penonton. Konten semacam ini terbukti cukup sukses untuk menarik minat penonton karena bisa melepas penat mereka.

Channel dengan niche hiburan bisa diisi dengan konten berupa kompilasi video kocak, prank, atau parodi.

8. Fakta Unik

Konten yang berisi video informatif berisi fakta-fakta unik juga cukup laris di Youtube. Video dengan niche semacam ini juga tidak terlalu sulit untuk dibuat. Anda hanya perlu riset kecil terkait fakta yang akan dikuak, kemudian mencari gambar atau potongan video dari internet lalu menggabungkannya.

Misalnya, 5 Hutan Paling Menyeramkan di Indonesia atau 10 Hewan Teraneh yang Pernah Ditemukan Di Dunia. Tambahkan pula narasi di dalam video tersebut supaya lebih menarik.

9. Cover Lagu

Apakah Anda cukup percaya diri dengan kemampuan bermusik yang dimiliki? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk membuat channel dan konten dengan niche musik. Buatlah cover dari lagu-lagu yang sedang hits sehingga akan mudah menarik minat penonton. Selain bisa sukses di Youtube, bukan tidak mungkin Anda juga dilirik oleh produser musik karena bakat dan kreativitas Anda.

10. Game

Dunia game sudah semakin mewabah, khususnya di Indonesia. Tidak pandang usia dan gender, tua muda, laki maupun wanita, saat ini banyak yang hobi bermain game. Biasanya, para gamers memiliki rasa ingin tahu kepada game baru yang sedang ngehits.

Jika Anda juga memiliki hobi ngegame, tidak ada salahnya untuk membuat channel dan konten Youtube yang menarik dengan niche game.

Penutup

Membangun channel Youtube dari nol bukanlah hal yang mudah. Saat ini hampir semua niche sudah ada di Youtube. Tapi, bukan tidak mungkin justru Anda sebagai pemula yang akan memenangkan persaingan. Selama bisa konsisten, kerja keras, ulet, dan pandai membuat konten Youtube yang menarik, maka perlahan channel Anda akan berkembang.

Poin terpenting adalah pilihlah niche sesuai dengan hobi atau minat Anda. Dengan demikian, tidak akan terjadi stuck atau mandek dan bingung ketika memikirkan konten apa yang akan dibuat.

Selain melalui Youtube, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dengan mengupload video di Facebook. Caranya adalah dengan memanfaatkan program Ad Breaks yang memiliki sistem kerja hampir mirip dengan Youtube. Tapi, pastikan Anda tidak mengupload ulang video yang sudah diupload di Youtube.

Artikel Terkait:

Cara dan Syarat Mendaftar Facebook Ad Breaks

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini

About Alfin Fauzan

Digital Marketer, Writer, and Internet Enthusiast

View all posts by Alfin Fauzan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *